BPSDM Kaltara Gelar Orientasi PPPK Guru

Sumber Foto : Ilustrasi

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalimantan Utara (Kaltara) akan menyelesaikan pelaksanaan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Angkatan ke-4 Tahun 2022.

Pelaksanaan kegiatan PPPK Guru angkatan ke-3 itu sudah dilaksanakan, selanjutnya PPPK formasi guru angkatan ke-4. Totalnya ada 67 orang dan akan dilaksanakan pekan depan,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kabid Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDM Kaltara, Murtiwi, SE, Selasa (18/7).

Adapun lokasi pelaksanaan orientasi PPPK guru angkatan ke-4 bertempat di SMA Negeri 1 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan pada tanggal 25-27 Juli mendatang.

Pemprov melalui BPSDM Kaltara melaksanakan orientasi PPPK guru sebanyak 4 angkatan. Di mana angkatan pertama yakni PPPK dari formasi kesehatan, sementara angkatan kedua, ketiga dan keempat berasal dari PPPK formasi pendidikan/guru.

Peraturan Pemerintah (PP) No 11 Tahun 2017, Pasal 203 disebutkan bahwa setiap pegawai Pegawai Negeri Sipil memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk diikutsertakan dalam pengembangan kompetensi. Bahkan pengembangan kompetensi bagi setiap PNS dilakukan paling sedikit (minimum) 20 (dua puluh) jam pelajaran dalam 1 (satu) tahun.

“Sedangkan untuk PPPK, diatur sesuai Per LAN No. 5/2020 Pasal 5 menyebutkan bahwa Pengembangan Kompetensi bagi setiap PPPK dilakukan paling banyak 24 JP dalam 1 tahun masa perjanjian kerja,” jelas Murtiwi.

Nantinya, lanjut Murtiwi, peserta orientasi ini mengikuti Orientasi PPPK yang terbagi dalam dua kurikulum yaitu Kurikulum Pengenalan Fungsi dan Tugas ASN dilakukan satu kali selama menjabat sebagai PPK melalui pembelajaran Mandiri ( MOOC) LMS LAN dan Kurikulum Pengenalan Nilai dan Etika pada Instansi Pemerintah. Sedangkan kurikulum kedua, dilaksanakan BPSDM Provinsi Kaltara.

Diketahui, total PPPK tahun 2023 di Provinsi Kaltara berjumlah 670 orang terbagi dalam lingkungan Pemprov Kaltara dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Khusus di Pemprov Kaltara, jumlah PPPK ada 253 orang. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here