Jelang Pemilu 2024, Sat Samapta Polres Tarakan Latihan Pengendalian Massa

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Personel Satuan (Sat) Samapta Polres Tarakan usai melaksanaan apel pagi dilanjutkan dengan melaksanakan latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dalam rangka meningkatkan kemampuan menjelang pengamanan Pemilu tahun 2024, Senin (24/7/2023).

Kegiatan latihan tersebut dilaksanakan di halaman apel Mapolres Tarakan yang dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Tarakan IPTU Muhammad Imran Tawainella., didampingi KBO Sat Samapta IPDA Imam Hari Fitriyanto dan PS. Kanit Dalmas 2 AIPTU Muhammad Anas

Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar S.H.,S.I.K, melalui Kasat Samapta Polres Tarakan IPTU Muhammad Imran Tawainella, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan latihan dalmas ini dilaksanakan secara rutin dalam menghadapi segala bentuk potensi ganguan Kamtibmas dalam Pemilu 2024 , salah satunya yakni meningkatkan keterampilan Pengendalian Masa (Dalmas).


“Anggota dalmas ini sebagai pengendali masa yang bergerak dalam ikatan kesatuan untuk mencegah masa masuk suatu lokasi tertentu atau objek vital, jadi perlu diberikan latihan secara rutin,” kata Imran saat memberikan keterangan usai pelaksanaan latihan.

Lanjutnya, pada latihan ini para personel difokuskan pada latihan fisik, Dalmas awal dan Dalmas lanjut, dimana diawali dengan teori dasar-dasar sikap Dalmas lanjut diantaranya sikap ditempat dengan menggunakan perlengkaan Dalmas dan sikap pindah tempat serta formasi Dalmas. yang disampaikan oleh IPDA Imam Hari Fitriyanto sebagai pelatih.

Imran berharap, latihan dan materi dalmas yang diberikan ini mampu dipahami dan dimengerti dalam dalam menghadapi segala bentuk potensi ganguan Kamtibmas dalam Pemilu 2024 mendatang serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan.

“Polri merupakan garda terdepan dalampengamanan, misalnya aksi unjuk rasa, sehingga setiap personel wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan gerakan Dalmas, terlebih untuk kesiapan pengamanan jelang Pemilu tahun 2024 mendatang. Jadi saya harap latihan ini dapat mempersiapkan personel yang lebih matang dan professional dalam bertugas nantinya, tentunya latihan ini nanti akan kita agendakan setiap minggunya,” tutupnya. (HumasResTrk)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here