Hasan Basri Kembali Terpilih Jadi Ketua Komite III DPD RI

KAYANTARA.COM, JAKARTA – Senator DPD RI Dapil Provinsi Kalimantan Utara, Hasan Basri, terpilih kembali sebagai Ketua Komite III DPD RI dalam rapat pemilihan yang dilaksanakan, Senin (21/8/2023) di DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat

Pimpinan Rapat Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Komite III DPD RI, Mahyudin menjelaskan, rapat pemilihan tersebut diusulkan melalui subwil, 9 provinsi dan dipilih kembali secara nasional 34 provinsi.

Dalam rapat yang digelar secara offline dihadiri oleh seluruh anggota Komite III DPD RI, dari Sabang sampai Merauke.

“Agenda rapat adalah pemilihan satu Ketua Komite III DPD RI dan 3 (tiga) Wakil Ketua Komite III DPD RI,” jelas Mahyudin dalam keterangannya.

“Atas kerja sama yang baik dengan proses demokratis, dan cepat, kita berhasil memutuskan yang terbaik. Semoga dengan terpilihnya kembali Hasan Basri sebagai Ketua Komite III DPD RI, dapat mengemban program sebelumnya dan program yang baru dapat berjalan dengan lancar,” tutur Mahyudin.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komite III DPD RI terpilih Hasan Basri menyampaikan, secara aklamasi terpilihnya kembali menjadi Ketua Komite IIII DPD RI tidaklah mudah sebab hampir semua ketua komite selalu berganti setiap tahun.

“Tentu semua itu dilihat dari kinerjanya. Capaian dan prestasi sebagai ketua Komite III DPD RI sangat dirasakan dampaknya oleh anggota komite 3, seperti penyusunan RUU Usul Inisiatif DPD RI, melalui RUU tentang Perubahan UU tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh;, dan RUU tentang Pelestarian Kebudayaan Kerajaan;,” jelas Hasan Basri.

“Selain itu, pengawasan Komite III DPD RI atas pelaksanaan UU seperti UU tentang Cagar Budaya;, UU tentang Kesehatan Jiwa;, UU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh’, UU tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia,” lanjut Hasan Basri.

Seperti yang diketahui pada masa kepemimpinannya, Hasan Basri telah melakukan penyusunan pandangan dan pendapat terhadap RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak.

Masih di forum yang sama, Hasan Basri juga mengucapkan terima kasih kepada anggota Komite III DPD RI yang telah memilih dirinya sebagai Ketua Komite III DPD RI.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk menjadi Ketua Komite III DPD RI kembali,” ujar Hasan Basri.

“Serta masyarakat dan warga kalimantan utara atas dukungan dan do’anya semoga amanah ini dapat saya jalankan dengan baik,” lanjutnya

Lebih lanjut, Senator Muda asal Kalimantan Utara, Hasan Basri berharap agar amanah ini dapat memberikan dampak positif bagi DPD RI dan khususnya bagi kemajuan Komite III DPD RI ke depan.

“Saya berharap amanah yang diberikan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk meningkatkan semua energi sehingga program-program yang sudah ada dapat berjalan lancar, dan program-program yang baru dapat berjalan secara sistematis dan terarah,” kata Tutup Hasan Basri.

Hasan Basri juga siap untuk menguatkan kembali hubungan mitra kerja yang ada di Komite IIII DPD RI.

“Tentunya kita akan terus membangun dan memperkuat hubungan kerjasama dengan mitra kerja komite 3,” ucapnya.

Perlu diketahui, Komite III merupakan alat kelengkapan DPD RI bersifat tetap yang mempunyai lingkup tugas di bidang pendidikan, agama, kebudayaan, kesehatan, pariwisata, pemuda dan olahraga, kesejahteraan sosial, tenaga kerja dan transmigrasi, ekonomi kreatif, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta pengendalian penduduk. (HMS)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here