Pisah sambut Satgas Pamtas RI-Malaysia oleh Gubernur Kaltara

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang S.H., M.Hum, menjadi inspektur upacara Pelepasan dan Penyambutan Satuan Tugas Satgas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Malaysia (Satgas Pamtas RI-Mly) pada Selasa, (19/9/2023).

Dua batalyon yang telah menyelesaikan tugasnya selama 13 bulan di wilayah perbatasan negara RI-Mly adalah Pamtas Yonarmed 5/Pancagiri dan Yonif 621/Manutung. Mereka akan disusul oleh batalyon berikutnya yang ditugaskan, yaitu Yonarhanud 12/Satria Bhuana Prakarsa dan Yonarhanud 8/Marawaca Bhuana Cakti.

Gubernur Zainal memberikan apresiasi tinggi kepada Satgas Pamtas yang telah menjalankan tugasnya dengan dedikasi penuh.

Terbukti, Satgas Pamtas Yonarmed 5/Pancagiri dan Yonif 621/Manutung telah berhasil mencegah pelanggaran hukum di wilayah perbatasan negara, terutama di Kaltara, termasuk berbagai kasus penyelundupan.

“Selama tiga belas bulan, kedua batalyon ini telah bertugas dengan penuh dedikasi dan profesionalisme menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Tidak hanya itu, melalui kegiatan patroli penjagaan dan operasi lainnya, Satgas Pamtas berhasil mencegah pelanggaran hukum di wilayah perbatasan, seperti penyelundupan narkoba, miras, barang ilegal, dan senjata rakitan,” ungkapnya saat menyampaikan amanat.

“Selain itu, Satgas Pamtas telah berkontribusi bagi masyarakat perbatasan dengan melakukan deportasi pelintas batas ilegal dan upaya pencegahan COVID-19 selama delapan bulan,” imbuhnya.

Dengan berakhirnya tugas Yonarmed 5/Pancagiri dan Yonif 621/Manutung, Gubernur Zainal berpesan kepada Satgas Pamtas selanjutnya untuk meneruskan tugas dan tanggung jawab yang telah dirintis oleh Satgas Pamtas sebelumnya.

“Jagalah kedaulatan dan keutuhan NKRI dengan penuh dedikasi dan profesionalisme. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat perbatasan dan jalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak terkait,” pungkasnya.

Turut hadir mengikuti upacara tersebut, Komandan Korem 092/Maharajalila, Brigjen TNI Ari Estefanus, S.SOS., M.SC., Komandan Lantamal XIII/Tarakan, Laksma TNI Deni Herman, S.T., M.A.P., CHRMP., CFRA., M.TR.OPSLA, dan Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.KES. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here