Temu Kader se-Kaltara, Tri Suswati Tito Karnavian Puji Pencapaian Pemprov dan Kinerja PKK

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Temu kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kalimantan Utara (Kaltara) dihadiri langsung oleh Ketua Umum TP-PKK , Hj. Tri Suswati Tito Karnavian bertempat di Kantor Gabungan Dinas Pemprov Kaltara di Tanjung Selor.

Ketua Umum TP-PKK, Hj. Tri Suswati Tito Karnavian, didampingi oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kaltara, Hj. Rachmawati Zainal, S.H., beserta Wakil Ketua, Ping Yansen, menyambut kedatangan kader PKK dari lima kabupaten/kota di Bumi Benuanta, Selasa (26/9/2023).

“Saya selaku Ketua TP-PKK Kaltara mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum TP-PKK, Ibu Tri Suswati Tito Karnavian, beserta jajaran. Selamat datang di Tanjung Selor, Ibu Kota Provinsi Kaltara,” ucap Rachmawati.

Kurang lebih 870 kader hadir memadati ruangan dari 600 undangan resmi yang disebarkan. Hal ini menambah semangat para ujung tombak program kesejahteraan keluarga yang dilaksanakan oleh pemerintah, agar dapat langsung menyentuh masyarakat.

“Ini adalah bukti antusiasme kader PKK Kaltara untuk bertemu dengan Ibu Ketua, meskipun tengah berada dalam situasi bencana alam yang melanda Kabupaten Malinau dan Nunukan. Semoga temu kader yang istimewa ini, bertepatan dengan kunjungan Ibu Ketua Umum, dapat meningkatkan semangat kerja para kader untuk terus berkontribusi menuju keluarga tangguh demi perubahan, kemajuan, dan kesejahteraan Provinsi Kaltara,” tambahnya.

Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum berterima kasih atas kehadiran langsung Ketua Umum TP-PKK di Provinsi Kaltara.

“Ruangan ini baru saya lihat penuh sesak hanya saat kegiatan PKK, antusias bertemu ketua umumnya,” kata Gubernur Kaltara Zainal Paliwang disambut dengan riuh tepuk tangan dari kader PKK.

Zainal Paliwang juga turut memuji peran PKK melalui PKK Kalimantan Utara sebagai mitra pemerintah yang sering terjun secara langsung di tengah masyarakat.

Turut bangga dengan kerja nyata yang telah dilakukan TP-PKK Kaltara, dan seluruh kerja nyata tersebut dapat dilakukan secara konsisten,” ujar Zainal Paliwang usai menyaksikan tayangan Abdi PKK untuk Benuanta.

“Saya sendiri belum pernah turun langsung ke Mentarang Hulu (Long Barang) dengan arung jeram yang luar biasa,” ucap Gubernur.

Sementara itu, Ketua Umum TP PKK Pusat mengungkapkan pujian dan apresiasinya terhadap pemerintah yang bersinergi dengan PKK Kaltara, yang berhasil mencapai peringkat ketiga nasional dalam percepatan penurunan stunting dari angka 27 persen menjadi 22 persen.

“Dari 27,5 persen menjadi 22,1 persen pada tahun 2022 dan telah mendapatkan apresiasi langsung dari Presiden,” ucap Ketum TP-PKK, Tri Suswati Tito Karnavian.

Para kader harus mendukung program-program yang dijalankan pemerintah.

“Karena ibu-ibu lah yang paham secara langsung permasalahan masyarakat. Saya yakin ibu-ibu pengurus PKK tingkat RT mengerti dan mengenal dengan baik penduduk sekitar, termasuk permasalahan stunting dan permasalahan lainnya,” tambahnya.

Tri meminta agar dinas-dinas aktif melibatkan para kader dalam menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat.

“Melakukan kegiatan yang meningkatkan ekonomi masyarakat Kalimantan Utara. Tingkat inflasi sudah di bawah tingkat nasional, dan Pak Mendagri selalu mengapresiasi Pak Gubernur bahwa kinerjanya bisa dibanggakan dengan inflasi yang rendah,” sambung Tri.

Menutup sambutan, Tri mengapresiasi serta memohon maaf apabila kedatangannya beserta rombongan merepotkan para kader.

Sebagai informasi, pada acara temu kader tersebut, PKK Kaltara memberikan hadiah bagi para kader yang berhasil meraih juara pada lomba Akku Hatinya PKK, serta penyerahan bantuan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada perwakilan 5 kabupaten/kota. Selain itu, dilakukan penyerahan bantuan pangan dan dokumen kependudukan oleh TP PKK Pusat.

Kemudian, acara berlanjut dengan mengunjungi booth UMKM PKK di halaman Gedung Gadis, serta kegiatan membatik bersama anak-anak berkebutuhan khusus di Tribun Lapangan Agathis.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Gubernur Kaltara, Dr. Yansen TP, M.Si., Danrem Maharajalila, Brigjen TNI Ari Estefanus, Ketua TP PKK Malinau, Maylenty Wempi, dan Ketua TP PKK Tana Tidung, Vamelia Ibrahim. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here