SIPELANDUKILAT Masuk Nominasi PBB Award

KAYANTARA.COM. TANJUNG SELOR – Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di Wilayah Pedalaman dan Perbatasan (SIPELANDUKILAT) kembali masuk ke dalam 11 Program Inovasi yang akan diikutsertakan pada United Nation Public Service Awards (UNPSA) 2024 mewakili Indonesia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara, Drs. H. Sanusi, M.Si mengungkapkan program tersebut masuk dalam kategori Inovasi pada Institusi Publik (Innovation in Public Institutions) yang telah diajukan pada 13 Oktober 2023 lalu.

“Tahun 2023, Kaltara melalui SIPELANDUKILAT dimasukkan sebagai salah satu nominator inovasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI mewakili Indonesia mengikuti lomba tingkat dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNPSA,” ujarnya.

Adapun 3 kategori yang dipertandingkan dalam UNPSA, yakni Inovasi pada Institusi Publik, Pelayanan Publik Responsif Gender dan Kategori khusus Mengatasi Perubahan Iklim.

Sanusi menerangkan, dalam Kategori Inovasi Institusi Publik ada 3 inovasi yang mewakili Indonesia, yaitu JAKI (Jakarta Kini) Pemprov DKI Jakarta, SIPELANDUKILAT Pemprov Kaltara dan JSS (Jogja Smart Service) Pemkot Yogyakarta.

UNPSA merupakan ajang perlombaan inovasi tingkat internasional, dimana PBB melakukan penilaian inovasi berdasarkan dampak dan manfaatnya terhadap pengentasan masalah sosial dan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang diukur dengan indikator Sustainable Development Goals (SDGs)

Kemenpan-RB telah mengevaluasi SIPELANDUKILAT sejak tahun 2017 dan telah mendapatkan berbagai penghargaan antara lain Top 99 dan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019, serta masuk ke dalam 5 Pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovations Tahun 2021 hingga akhirnya saat ini ikut serta berpartisipasi pada UNPSA 2024

Sanusi mengungkapkan bahwa SIPELANDUKILAT saat ini sudah diadopsi beberapa Pemerintah Kabupaten, antara lain Pemda Barito, Banjarbaru dan Bengkulu.

“SIPELANDUKILAT diapresiasi Kemenpan-RB karena inovasi ini memiliki tantangan dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan inovasi lainnya, serta beberapa Pemerintah Daerah sudah banyak yang mulai menerapkan” ungkapnya

Sanusi menambahkan pendaftaran UNPSA telah diperpanjang hingga 31 Oktober 2023, pengumuman pemenang akan disampaikan pada tahun 2024 mendatang.

“Niat kami bisa mengangkat nama Kalimantan Utara pada tingkat dunia melalui bidang pelayanan inovasi institusi publik. Program ini (SIPELANDUKILAT) akan terus berkembang menyesuaikan kebutuhan,” tambahnya.(dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here