Gubernur Dorong Siswa Peroleh Prestasi

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum menghadiri sekaligus membuka kegiatan Festival Tari, Musik Kreasi Pesisir dan Pedalaman Tingkat Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Rabu (18/10).

Festival ini merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Provinsi Kaltara. Tidak hanya mempertandingkan tari-tarian tradisional, dalam festival ini menampilkan fashion show batik karya siswa/siswi SMK Tata Busana.

Dalam sambutannya, Gubernur Zainal bernostalgia mengenang masa Sekolah Menengah Atas (SMA) tepat pada tahun 1979. Ia mengatakan, di tahun tersebut pertama kalinya menginjakkan kaki di Ibu Kota Jakarta.

“1979 SMA kelas satu, saya menginjakan kaki di ibu kota negara. Saya tidak pernah menyangka akan ke Jakarta. Saya dari salah satu kecamatan di Poso Pesisir Kabupaten Poso,” ungkapnya.

Kesempatan pertama yang ia dapatkan ini, karena mengikuti pekan tari. “Saya sampaikan kepada anak-anakku mari kita meraih prestasi apa saja sehingg dengan prestasi kita bisa mendapatkan serifikat yang tidak pernah kita bayangkan, bisa saja sampai ke luar negeri,” katanya.

Gubernur mengapresiasi kegiatan dan peserta yang akan menampilkan aksinya. Menurutnya, festival ini tidak hanya menjadi wadah memajukan dan sebagai strategi pembinaan serta internalisasi kebudayaan, tetapi juga menjadi ruang berkreasi, berinovasi, dan berkompetisi secara sehat.

Pada kesempatan ini, Gubernur menyampaikan harapannya. Diantaranya; pertama, menghidupkan kembali budaya bangsa; kedua, memberikan ruang bagi kebudayaan lokal mendapatkan tempat atau apresiasi; ketiga, meningkatkan kepedulian dan kebanggaan khususnya para pemuda terhadap budaya bangsa yang menjadi identitas; keempat, mendorong kampanya berkelanjutan untuk mempromosikan dan mempublikasikan tentang kekayaan dan kekuatan seni budaya.

Untuk diketahui, festival ini juga dirangkaikan Pameran Produk Kewirausahawan siswa/siswi SMK di Wilayah Tanjung Selor.
Turut mendampingi dan menyempatkan waktu bersama gubernur menyapa para pelajar dan tamu undangan, Bunda Literasi Hj. Rachmawati Zainal, S.H. Selain itu, hadir juga Kepala Disdikbud Kaltara Teguh Hendrik, Kepala Biro Adpim Jaini, berserta jajaran di lingkungan Pemprov Kaltara. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here