Rakernas APPSI Bahas Kembali Reformasi Birokrasi dan Netralitas ASN Menjelang Pemilu

KAYANTARA.COM, JAMBI – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum., yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si., bersama Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Taufik Hidayat, S.TP., M.Si., menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang dilaksanakan di Hotel BW Luxury, Provinsi Jambi, Selasa (7/11/2023).

Rakernas tersebut dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas dengan tema “Pemilu Damai, Bersih, dan Berintegritas untuk Mewujudkan Pemerintahan yang Baik”.

Sebelumnya, Gubernur Jambi, Al Haris terpilih menjadi Ketua Umum APPSI periode 2023-2024 setelah menerima tongkat estafet Ketua sebelumnya Isran Noor yang dilaksanakan di Jakarta pada Oktober lalu.

Selain itu, Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang juga terpilih menjadi Ketua I Bidang Hukum dan Pemerintahan untuk satu periode kedepan yang mana kepengurusan ini akan menghadap ke Jakarta pada Desember mendatang untuk mendengarkan arahan dari Presiden Jokowi.

Disampaikan oleh Ketua Umum Al Haris, bahwa APPSI hadir sebagai jembatan antar Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk bergerak maju bersama-sama sejalan dengan roadmap yang telah dibeberkan oleh Pemerintah Pusat.

Abdullah Azwar Anas sekali lagi menekankan bahwa sesuai arahan Presiden, birokrasi di pemerintahan harus cepat dalam memberikan layanan dan berdampak langsung kepada pengguna layanan.

“Arahan Bapak Presiden jelas, birokrasi harus berdampak dan tidak berbelit dengan urusan kertas. Salah satu solusinya adalah dengan adanya digitalisasi,” ujar Azwar Anas.

Menteri PAN-RB juga mengingatkan tentang inti dari pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yaitu memangkas proses bisnis di level birokrasi dengan menyederhanakan aplikasi existing dan meningkatkan efisiensi sistem.

“Sekarang bukan lagi berbicara berapa banyak aplikasi yang terbangun, namun bagaimana aplikasi ini bisa berkomunikasi dan terintegrasi sehingga proses bisnis yang awalnya panjang menjadi ringkas”, sambung Anas sapaan Menteri PAN-RB.

Selain itu Anas menyampaikan amanat Presiden Jokowi tentang pentingnya ASN menjaga netralitas menghadapi Pemilu 2024.

“Sesuai dengan UU ASN dan arahan Bapak Presiden RI bahwa pada Pemilu mendatang, ASN harus menjaga netralitas sehingga dapat bekerja dengan profesional,” pungkas Anas selanjutny membuka Rakernas APPSI. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here