Lantamal XIII Gelar Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2023

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Dengan mengusung tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIII menggelar Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Armada RI Tahun 2023, yang bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal XIII, Jln. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Selasa (5/12).

Dalam upacara ini Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XIII Laksamana Pertama TNI Deni Herman, S.T., M.A.P., M. Tr.Opsla., CHRMP., CFrA. diwakili oleh Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Bambang Wahyuono, S.A.P. bertindak sebagai Inspektur Upacara memimpin jalannya upacara yang diikuti oleh seluruh personel Lantamal XIII, baik prajurit maupun PNS.

HUT Armada RI yang diperingati tanggal 5 Desember setiap tahunnya mengandung arti penting bagi TNI AL. Armada RI sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut, pada hakekatnya lahir dan tumbuh bersama dengan kelahiran TNI. Armada RI juga tidak pernah absen dalam usaha menegakkan dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M. Tr.Opsla. yang dibacakan oleh Wadan Lantamal XIII menyampaikan bahwa peringatan Hari Armada RI tahun ini merupakan wahana merefleksikan diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. Selain itu, momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama Laut Nusantara.

Di tahun politik ini, peran Armada sangat penting dalam mendukung proses kelancaran pesta demokrasi di tanah air. TNI Angkatan Laut tidak hanya sebagai penjaga laut, namun punya peran untuk memelihara ketertiban dan keamanan nasional serta berperan aktif memastikan Pemilu berjalan jujur dan adil. “Alutsista Armada harus siap membantu Pemerintah dalam pengamanan dan distribusi logistik Pemilu sampai dengan Pulau-pulau terpencil dan terluar”, pungkas Wadan Lantamal XIII membacakan amanat Kasal.(*)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here