DPRD Kaltara Dukung Program Satu Desa Satu Produk

Muhammad Iskandar

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Utara (Kaltara), Muhammad Iskandar mendukung program Satu Desa Satu Produk dari Pemerintah Provinis (Pemprov) Kaltara.

Menurutnya, melalui program tersebut akan mendongkrak keunggulan di Kaltara.

“Jadi desa harus berkarya, karena sekarang ini surganya desa,” ungkapnya, Kamis  (14/12/2023).

Dirinya menjelaskan, surganya desa itu karena adanya Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dalam hal ini, desa berhak mengelola desanya sendiri, baik itu melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), maupun membuat peraturan desa (Perdes).

“Makanya kita harapkan desa bisa berkarya, desa bisa membuat produk menjadi sebuah keunggulan guna terwujudnya desa-desa sejahtera,” ungkapnya.

Kata dia, letika desa tidak dapat memanfaatkan momentum seperti yang ada saat ini, maka jangan harap desa itu bisa sejahtera. Karena, peningkatan status dari desa itu juga tergantung pada upaya yang dilakukan oleh desa itu sendiri.

“Makanya saya katakan, desa harus bekerja keras, desa itu harus berkarya. Kalau dia mampu berkarya, Insha Allah statusnya dengan sendiri pasti akan naik,” tegasnya.

Kenapa satu desa satu produk itu perlu, dijelaskan Muhammad Iskandar Karena dengan konsep satu desa satu produk, di mana suatu daerah menetapkan satu produk yang memiliki keunikan untuk dikembangkan sehingga akan memberikan nilai tambah pada produk tersebut. Selanjutnya akan memberikan kontribusi pendapatan cukup besar bagi desa itu sendiri karena produknya memiliki keunggulan dan diharapkan bisa masuk ke pasar nasional.(*)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here