Kaltara Kembali Angkat ‘Trophy’

KAYANTARA.COM, JAKARTA – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali mengangkat ‘trophy’ pada Anugerah Revolusi Mental (ARM) 2023. Provinsi ke 34 ini mendapatkan anugerah pada kategori Gerakan Indonesia Bersatu yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI di Istana Wakil Presiden, Rabu (20/12).

Trophy membanggakan itu langsung diberikan Wapres RI, Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin kepada Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum atas prestasi Provinsi Kaltara yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan antar suku, bangsa, dan agama sebagaimana jargon “Kaltara Rumah Kita”.

Sebelumnya, Pemprov Kaltara telah menjalani seluruh mekanisme panilaian yang terdiri dari banyak aspek seperti portfolio pemerintah daerah, penilaian Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Persepsi Korupsi, WTP, PDRB/capita, Top Inovasi Pelayanan, serta aspek kualitatif seperti inovasi program, komitmen keberlanjutan program aksi nyata GNRM, pemahaman tentang GNRM, dan usulan publik melalui media sosial berdasar jejak digital.

Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) No. 12 Tahun 2016 Gerakan Nasional Revolusi Mental (GRNM) telah memberikan dampak positif terhadap pembangunan manusia dimana untuk mewujudukan visi Indonesia Emas 2045 membutuhkan pilar yang kuat seperti halnya revolusi mental untuk mencapai cita-cita tersebut.

Menteri Koordinator PMK RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP. menyampaikan bahwa ICRM Indonesia mencapai 70,47 sehingga hal ini menunjukkan kemajuan bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Wapres Ma’ruf Amin mengimbau agar GNRM dapat melibatkan masyarakat secara inklusif, termasuk kalangan muda, perempuan, dan penyandang disabilitas, sehingga gerakan ini menjadi salah satu aspek pendorong pencapaian Indonesia Emas 2045.

“Gandeng generasi muda untuk menjadi agen-agen perubahan dan model perilaku yang berintegritas,” tutup Wapres Ma’ruf Amin.(dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here