Presiden Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Apartemen Berkonsep Hijau di IKN

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking apartemen The Pakubuwono Nusantara di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis (21/12/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

KAYANTARA.COM, PENAJAM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking apartemen The Pakubuwono Nusantara di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis (21/12/2023). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyambut baik pembangunan apartemen yang dinilai memiliki konsep hijau yang selaras dengan konsep IKN.

“IKN ini dibangun dengan konsep kawasan yang hijau, lingkungan yang hijau, dan gedungnya harus gedung yang hijau–green building–dan kalau saya lihat tadi secara sepintas rencana untuk membangun The Pakubowono Nusantara ini betul-betul sangat sesuai dengan konsep Ibu Kota Nusantara,” ujar Presiden.

Kepala Negara juga mengapresiasi desain dan gambar rencana The Pakubuwono Nusantara yang bernilai sangat baik. Menurutnya, konsep tersebut bisa menjadi pemacu dan diikuti oleh pengembang lain.

“Ini bagus sekali, ini akan men-trigger pengembang yang lain untuk mengikuti konsep hijau yang telah disiapkan oleh The Pakubowono Nusantara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyebut bahwa pembangunan dua tower apartemen monumental dengan investasi kurang lebih Rp1 triliun tersebut akan menghadirkan hunian apartemen berstandar internasional yang ramah lingkungan.

“Betul-betul ramah lingkungan dan memanfaatkan teknologi terkini untuk menciptakan kenyamanan dan efisiensi, dan mempersembahkan sebuah kemajuan dan inovasi,” imbuhnya.

Selain itu, Presiden Jokowi menilai bahwa The Pakubuwono adalah pembangun apartemen berkelas. Dengan reputasi tersebut, Presiden berharap The Pakubuwono dapat memberikan kontribusi berarti bagi pembangunan IKN ke depannya.

“Saya yakin kehadiran dengan pengalaman dan reputasi The Pakubowono akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan IKN yang akan datang,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil. (BPMI SETPRES/AIT)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here