Tinjau RSUD Tanjung Selor, Bupati Ingatkan Peningkatan Pelayanan

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, Syarwani meninjau langsung sejumlah fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr H Soemarno Sosroatmojo Tanjung Selor, Kamis (21/12/2023).

Bupati melihat berbagai ruangan, termasuk rencana bangunan Paviliun Eksekutif. Termasuk 3 ruangan Modular Operating Theathre (MOT) yang merupakan bagian penting dalam proses modernisasi penanganan operasi agar berjalan efektif dan efisien.

Selain itu nantinya RSUD Dr H Soemarno Sosroatmojo juga dilengkapi dengan 16 ruangan Paviliun Eksekutif yang terintegrasi dengan ruangan MOT.

“Alhamdulillah progress yang kita laksanakan di rumah sakit, khususnya 3 ruangan MOT sudah terpasang semua peralatanya. Tinggal support energy (dukungan kelistrikan untuk operasional) yang juga sudah dilakukan oleh direktur rumah sakit,”kata Bupati.

Bupati menerangkan, sistem MOT sering digunakan pada ruangan operasi karena bekerja secara terintegrasi dalam satu kontrol panel sehingga sistem ini dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien.

MOT di ruang operasi biasanya menggunakan komponen utama berupa pintu hermetic, sistem tata udara ruangan dan lampu ruangan yang bisa diatur dalam satu kontrol panel. Tanpa adanya sistem ini, petugas di ruangan operasi akan memiliki tugas yang lebih banyak, karena harus melakukan hal-hal tersebut secara manual.

Setiap pembangunan ruang MOT, tentu harus memperhatikan ketentuan dari Menteri Kesehatan RI karena segala sesuatunya memiliki standar yang harus dipenuhi.

“MOT kita juga telah memenuhi komponen utama yang dibutuhkan agar proses operasi berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan teknis. Ini adalah upaya kita untuk memodernisasi rumah sakit dan meningkatkan sarana dan prasarana pendukungnya. Harapanya pelayanan pada masyarakat terus ditingkatkan,”terangnya.

Menurutnya untuk SDM dokter hingga perawat sudah cukup memadai untuk pengoperaasian ruang operasi yang baru tersebut. Sedangkan untuk peningkatan peralatan lain, nantinya dilakukan secara dinamis mengikuti kondisi yang ada.

Selain itu untuk pembangunan 16 ruangan Paviliun Eksekutif Pemkab Bulungan telah menyiapkan anggaran senilai Rp 16 Miliar pada 2024. Termasuk terakomodir didalamnya pembangunan masjid di area rumah sakit.

“Ruangan Paviliun Eksekutif terintegrasi dengan MOT kapasitas 16 kamar. Supaya bisa melayani pasien pasca tindakan dengan ruangan representative. Insya Allah 2024 dilaksanakan mudahan bisa tuntas sesuai target yang ada,”pungkasnya.(*)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here