Pj Wali Kota Tarakan Dorong Upaya Penanggulangan Inflasi

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., aktif menghadiri acara High Level Meeting Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) se-Kaltara yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Tarakan Plaza pada Senin (25/3/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat termasuk Gubernur Kalimantan Utara, Bupati/Walikota Sewilayah Utara, Anggota DPRD, Forkopimda, serta berbagai instansi terkait lainnya, termasuk Tim TPID Se Kaltara dan BUMN se Kaltara.

Dalam sambutannya, Gubernur menekankan pentingnya langkah proaktif dalam mendorong keterjangkauan melalui ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi komoditas menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H. Ia juga menyoroti pentingnya meningkatkan komunikasi yang efektif dengan TPID se-Kaltara dalam mendorong kelancaran pasokan komoditas menjelang Ramadhan.

Selain itu, silaturahmi juga dipandang sebagai langkah penting untuk mempererat tim TPID se- Kaltara, dengan fokus pada pengendalian kebutuhan harga pokok, merumuskan kebijakan inflasi daerah guna menjaga ekonomi yang positif di kabupaten dan kota, serta pembentukan tim dalam pengawasan stok dan pendistribusian komoditas menjelang Lebaran.

Gubernur menegaskan bahwa kebijakan yang diambil oleh seluruh pemangku kepentingan harus didasarkan pada komunikasi dan sinergi yang baik guna menekan inflasi di Kaltara. Dia juga menyampaikan data terkini tentang inflasi, dengan Kaltara mencapai angka 2,33% pada Februari 2024, menempatkannya sebagai yang ke-8 terendah di Indonesia.

Acara ditutup dengan dialog bersama antara kepala BPS, Kepala BI, dan Kepala Buloq, menandai kolaborasi lintas sektor dalam upaya penanggulangan inflasi di Kaltara.

Dalam paparannya Pj. Wali Kota Tarakan menyampaikan tantangan Pengendalian Inflasi diantaranya Kendala Goegrafis Kota Tarakan, Kelancaran Tranportasi, Panjangx Rantai Distribusi, Faktor Paikologis seperti Panic Buying, Kebijakan Pemerintah Kota Tarakan, Perkembangan Situasi Global. (HMS)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here