Kantor Perwakilan DPD RI Ditetapkan di Tarakan

Rombongan anggota DPD RI saat berdiskusi dengan Wakil Walikota Tarakan, Effendhi Djuprianto beserta jajaranya di ruang kerja wakil walikota, pagi tadi. (Foto: Mansyur / Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Rencana pendirian kantor perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Kalimantan Utara (Kaltara) terus berlanjut.

Kabar terbaru, Kota Tarakan ditetapkan sebagai kota yang akan berdirinya kantor perwakilan untuk empat senator Kaltara. Keputusan ini diambil setelah sejumlah anggota DPD RI menyambangi Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan di ruang kerja Wakil Walikota Tarakan, Effendhi Djuprianto, Jumat (15/11).

Kepada wartawan, Wakil Ketua Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI, Stefanus Ban Liow, mengatakan pendirian kantor perwakilan DPD RI di setiap daerah sesuai dengan regulasi yang telah dituangkan dalam amanat Undang-undang.

“Kaltara adalah provinsi yang anggota DPDnya dimulai periode 2019-2024, dan ada empat orang perwakilannya, tapi belum memiliki kantor perwakilan di daerah asalnya,” ujarnya.

“Sehingga sebagaimana dengan provinsi lainnya, kami datang ke Tarakan sebagai kegiatan monitoring, sekaligus meminta untuk penyediaan sarana prasarana kantor perwakilan DPD,” tambah senator Sulawesi Utara ini.

Stefanus berharap kantor perwakilan DPD RI Kaltara dapat direalisasikan pada Desember tahun ini, yang secara kelembagaan merupakan momentum masa kunjungan kerja anggota DPD RI di Kaltara.

“Untuk sementara kalau memang masih pinjam pakai tidak masalah, meski berlangsung di tahun kedua dan ketiga. Tapi ke depan kalau ada aset atau lahan berupa hibah dari Pemkot Tarakan yang bisa dijadikan kantor refresentatif lebih baik lagi,” tuturnya.

Saat disinggung kenapa memilih Tarakan? Dijelaskan Stefanus, karena kota Tarakan merupakan daerah strategis yang menghubungi semua daerah di Bumi Benuanta. “Kalau nanti sudah ada kantornya kita akan agendakan pimpinan (Ketua DPD RI) yang akan meresmikannya,” janjinya.

Di sisi lain, Stefanus mengaku bangga terhadap empat anggota DPD RI daerah pemilihan Kaltara. Di mana, tiga dari empat senator tersebut menduduki jajaran pimpinan di gedung Senayan. Seperti Hasan Basri yang tercatat sebagai Wakil Ketua 2 Komite II di DPD RI. Sedangkan Marthin Billa mendapat amanah sebagai Ketua Badan Legislasi Daerah, dan Wakil Ketua Badan Kehormatan yang diemban Fernando Sinaga.

Pemkot Sarankan Pinjam Pakai Lahan Pertamina

USAI menerima rombongan anggota DPD RI, Wakil Walikota Tarakan, Effendhi Djuprianto mengatakan, keinginan tersebut akan diteruskan ke Walikota Tarakan, dr Khairul sebagai pemegang kebijakan tertinggi di Pemkot Tarakan.

“Tapi hal utama yang saya sampaikan tadi adalah suratnya dulu, setelah itu kita diskusikan bersama walikota dan instansi terkait,” kata Effendhi.

Prinsipnya, Pemkot Tarakan memerlukan administrasi apa yang dibutuhkan terkait rencana tersebut. Seperti luas lahan maupun kantor perwakilan. “Tadi saya menyarankan agar mereka memakai lahan atau aset milik Pertamina, nanti kita bantu. Karena di Tarakan ini hanya Pertamina dan Angkatan Laut yang banyak memiliki lahan,” katanya. “Kalau lahan atau aset Pertamina yang dipakai bisa jangka panjang,” cetusnya.

Alternatif lain, kantor Perwakilan DPD RI menempati salah satu gedung pemerintahan yang tengah diwacanakan wali kota Tarakan di Kecamatan Tarakan Utara. “Bentuk gedungnya nanti seperti gadis (gabungan dinas-dinas) yang berbentuk vertikal, jadi nanti mereka bisa menempati salah satunya,” demikian Effendhi. (ky1)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here