Tingkatkan Budidaya, 15 Ribu Benih Bandeng Dilepas

Penaburan benih bandeng yang dilakukan Koperasi Hidayah Rezeki Serumpun bersama Pemkot Tarakan dan Perwakilan Bank Indonesia Kaltara, pagi tadi. (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN-Sebanyak 15 ribu benih ikan Bandeng di lepas di empang atau tambak yang berada di Kelurahan Gunung Lingkas, Tarakan Timur, Senin (16/12/2019).

Pelepasan atau penaburan benih yang dilakukan Koperasi Hidayah Rezeki Serumpun di tambak seluas 1 hektar ini dalam rangka meningkatkan budidaya Bandeng di Kalimantan Utara (Kaltara).

Wali Kota Tarakan, dr Khairul bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Hendik Sudaryanto dan beberapa petani tambak turut hadir dalam kesempatan itu.

“Penaburan benih ikan Bandeng ini merupakan perdana dan hasil binaan BI dengan mendatangkan benih super untuk diekspor keluar agar dapat menghasilkan ikan Bandeng yang berkualitas,” kata Ketua Koperasi Hidayah Rezeki Serumpun, Maskur.

Dari pantauan media ini, sebelum benih itu ditaburkan terlebih dahulu dilakukan pemulihan. “Hal ini dilakukan guna meminimalisir biaya dalam pakan ikan, dikarenakan pakan ikan masih mengandalkan dari alam,” jelasnya.

Benih tersebut, lanjut dia, akan dipanen di usia 5-6 bulan yang mengacu sesuai kebutuhan. “Sementara ini untuk budidaya ikan Bandeng seluas 15-20 hektar, dengan harga normal dalam penjulan mencapai Rp16 ribu sanpai 18 ribu per kilogram,” demikan Maskur.(*)

Reporter: Supriyadi

Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here