Pasar Batu Diperkirakan Beroperasi sejak Tahun 1960-an

Pasar Batu Sebengkok saat dilahap si jago merah

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pasar Batu yang menjadi pasar tertua, berlokasi Kelurahan Sebengkok, Kecamatan Tarakan Tengah, kota Tarakan, Kalimantan Utara, hangus terbakar sekitar pukul 11.30 Wita, Senin (20/1) pagi.

Data sementara dari Karang Taruna Tarakan, 164 rumah yang dihuni 137 KK hangus terbakar. Sekitar 467 jiwa kehilangan tempat tinggal. Bahkan, 14 ruko ikut hangus.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa yang menghanguskan ratusan rumah yang tersebar di 4 RT itu. Upaya pemadaman pun dilakukan hingga malam sebagai upaya pendinginan. Kerugian ditaksir miliaran rupiah.

Wakil Wali Kota Tarakan Effendhi Djuprianto, menilai, bangunan di pasar tersebut dominan terbuat dari kayu dan berusia puluhan tahun.

“Sehingga mudah terbakar, jalannya juga sempit jadi menyulitkan petugas saat memadamkan api,” ujarnya.Dia memperkirakan, Pasar Batu yang juga dipadati rumah penduduk beroperasi sejak tahun 1960-an.

“Soalnya saya masuk di Tarakan pada tahun 1974 pasar ini sudah ada, jadi sangat tua. Dan sampai sekarang belum pernah direhab,” sebut Effendhi. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here