Pemkab Bulungan Dapat Predikat B Penerapan SAKIP

Bupati Bulungan, H Sudjati saat menerima penghargaan predikat B SAKIP dari Kemen PAN-RB.

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Pemkab Bulungan mendapatkan Predikat B berdasarkan hasil evaluasi atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi (Kementrian PAN-RB).

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Bulungan, H.Sudjati SH dari Deputi Evaluasi Kemenpan RB, Muhammad Yusuf Atep. Bertempat di Nusa Dua, Bali, Senin, 27 Januari 2020 bersama dengan 161 pemerintah kabupaten/kota dan provinsi di Wilayah II yang meliputi DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan, dan Lampung.

Dijelaskan Bupati, hasil evaluasi Kemen PAN dan RB menunjukkan bahwa tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya.

Kualitas pembangunan budaya kinerja organisasi serta penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemkab Bulungan menunjukkan hasil yang baik.

“Namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut,” ungkap Bupati mengutip surat dari Kemen PAN dan RB tentang Hasil Evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bulungan atas upaya meningkatkan hasil SAKI. Sehingga meningkat dari tahun ke tahun.

Dijelaskan, kegiatan penyerahan hasil evaluasi SAKIP oleh Kemen PAN dan RB berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuanga, dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP serta Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP.

Komponen yang dinilai terdiri Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Kinerja serta Capaian Kinerja.

“Saya berharap predikat B yang sudah cukup baik ini dapat dipertahankan untuk penilaian tahun anggaran 2020 ini bahkan kalau bisa ditingkatkan,” ucap Bupati.

Seperti diketahui, Kemenpan RB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Sementara adanya SAKIP bertujuan menciptakan akuntabilitas kinerja birokrasi, mengarahkan penetapan program dan kegiatan berdasarkan prioritas dan kebutuhan masyarakat serta untuk menciptakan efisiensi melalui manajemen kinerja dan anggaran berbasis kinerja. Pada 2018 lalu, Pemkab Bulungan mendapat predikat CC. (*)

Reporter: Samsul Umardhany
Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here