Ditata Ulang, Lokasi Pasar Batu yang Terbakar Bakal Berkonsep Modern

Eks Pasar Batu Sebengkok yang menyisahakan bangkai bangunan setelah dilahap si jago merah beberapa waktu lalu (Foto: Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Keberadaan Pasar Batu usai dilahap si jago merah dengan menghanguskan ratusan bangunan, pada 20 Januari lalu, rencananya akan ditata Pemkot Tarakan.

“Akan kita tata dengan konsep pasar modern dan tradisional,” kata Wali Kota Tarakan, dr Khairul, usai menutup posko tanggap darurat bencana, Minggu (2/2) kemarin.

Rencana tersebut telah diajukan oleh Pemkot Tarakan kepada pemerintah pusat melalui APBN atau kementerian terkait.

“Untuk penataannya tentu membutuhkan dana dan waktu, jadi bersabar saja. Tapi kita harapkan tahun 2021 sudah dimulai pembangunannya,” ujarnya.

Lanjut Khairul, dalam konsep penataan sesuau usulan Pemkot Tarakan itu, Pasar Batu akan dibangun bertingkat.

“Bisa saja di lantai bawah ada pasar basah seperti ikan, lantai dua untuk UMKM dan lantai berikutnya jualan pakaian, dan perlengkapan lainnya,” sebut Khairul.

Mengenai penataam pemukiman warga yang juga ikut terbakar, Pemkot Tarakan mengusulkan pelebaran jalan agar mudah diakses jika terjadi musibah.

“Kemarin akses jalannya sempit, jadi pemadam kebakaran susah masuk sehingga pemadam yang disalahkan, kita harapkan warga sekitar mau merelakan sedikit lahannya untuk akses jalan nanti,” tutupnya. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here