Pemkot Tarakan Bentuk Satgas Siaga RT Covid-19

Rapat pembentukan Satgas Jaring Petugas Siaga RT Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Tarakan)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan terus berupaya menekan laju penyebaran virus COVID-19. Terlebih lagi, saat ini sudah ada satu warga Tarakan berdomisili di RT. 05 Kelurahan Pamusian terkonfirmasi positif COVID-19.

Wali Kota Tarakan dr Khairul mengatakan, untuk dapat menangkal penyebaran COVID-19, rencananya Pemkot Tarakan akan memberlakukan karantina wilayah. Caranya, yakni dibentukanya Satuan Tugas (Satgas) Jaring Petugas Siaga RT COVID-19.

“Nanti, tugas dari Satgas RT siaga ini akan memantau setiap pergerakan warga, di lingkungannya masing-masing,” jelas Khairu, Jumat (27/3)

Tidak hanya memantau pergerakan warganya, tugas dari Satgas RT Siaga juga wajib mengecek kondisi lingkungannya dari para pendatang. Terlebih lagi, dari para pendatang yang baru saja melakukan kunjungan dari daerah terjangkit COVID 19.

“Jika ditemukan adanya gejala COVID-19, maka pemkot langsung melakukan karantina lokal di daerah tersebut,” tegas Khairul.

Dia menambahkan, sebelum Satgas RT Siaga ini menjalankan tugasnya di lapangan, semua RT di Tarakan terlebih dulu dikumpulkan. Tujuannya, para Ketua RT tersebut akan diberikan arahan mengenai skenario terburuk, jika ditemukan warga yang positif COVID-19 di lingkunganya.

“Begitu dilakukannya karantina wilayah, Ketua RT harus berkoordinasi dengan kelompok kerja seperti pihak keamanan, kesehatan, logistik dan lainnya, berdasarkan riwayat pasien positif itu,” demikian Khairul. (*)

Reporter: Supriyadi

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here