Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Pemkot Siapkan 2 Rumah Sakit

Wali Kota Tarakan dr Khairul saat meninjau kondisi RSUKT yang bakal dipersiapkan sebagai ruang perawatan PDP dan ODP Covid-19 jika terjadi lonjakan. (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN- Mengantisipasi lonjakan penyebaran pandemi COVID-19 di Kota Tarakan, Pemerintahan Kota Tarakan menyiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT)

Wali Kota Tarakan dr Khairul mengatakan, selain di rumah sakit di Jalan Aki Babu Kelurahan Karang Harapan itu, Pemkot juga menyiapkan rumah sakit Bhayangkara milik Polda Kaltara.

“Akan tetapi untuk saat ini penyiapan ruang isolasi ini masih tahap proses pengaturan peralatan hingga fasilitas pendukung untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Tarakan yang disesuaikan dengan standar kesehatan dunia,” jelasnya. Meski begitu, Khairul lonjakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pengawasa (ODP) di Bumi Paguntaka.

Di sisi lain, Khairul mengakui selain minimnya Alat Pelindung Diri (APD), saat ini pihak RSUKT tengah melakukan inovasi untuk membuat APD dari jas hujan. Bahkan membuat masker dari bahan plastik miki yang bertujuan untuk menghindari drop plet.

Direktur RSUKT Joko Haryanto mengatakan, saat ini pihaknya sedang melengkapi peralatan di ruang isolasi yang nantinya akan digunakan apalbila terjadi lonjakan. Seperti kamera pengawas atau CCTV untuk mengawasi petugas medis agar tidak terlalu lama berada di dalam ruang isolasi.

“Saat ini Rumah Sakit Umum Tarakan telah menyiapkan 2 tim medis untuk penanganan Covid-19, yang terdiri dari dokter, perawat petugas keamanan, cleaning servis dan petugas pendukung lainnya,” sebutnya.

Termasuk menyiapkan 6 ruangan dengan 16 tempat tidur di ruang isolasi Covid-19 baik untuk PDP maupun ODP. (*)

Reporter: Supriyadi

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here