Jubir Covid-19 Tarakan Imbau Cuci Tangan Sebelum & Sesudah Transaksi di ATM

Tempat cuci tangan yang disediakan di depan pintu keluar masuk orang di Kantor Dinas Kesehatan Tarakan. (Foto: Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN- Wabah Covid-19 sampai saat ini masih terus menyebar dan menginfeksi banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Provinsi Kalimantan Utara. Penyebarannya pun sangat cepat.

Situasi ini membuat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan tak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan virus tersebut.

Yaitu dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun bersama air mengalir atau hand sanitizer, membersihkan permukaan yang sering tersentuh dengan disinfektan, dan melakukan social distancing atau jarak sosial.

Terutama di berbagai tempat umum yang silih berganti dipergunakan orang setiap saat. Salah satunya pada Anjungan Tunai Mandiri atau ATM milik Perbankan.

“Sebelum dan sesudah transaksi di ATM kami mengimbau agar masyarkat atau nasabah bank manapun untuk selalu mencuci tangan,” kata Devy.

Dia menerangkan selain melalui dari udara atau pernapasan, penularan virus Corona juga dapat terjadi dengan memegang suatu benda.

“Apalagi di tempat umum seperti ATM siapa saja bisa memegangnya, jadi sebaiknya sebelum maupun sesudah transaksi di ATM cuci tanganlah,” imbuhnya. Langkah lainnya adalah menggunakan sarung tangan agar terhindar dari virus tersebut.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar seluruh pihak Perbankan menyediakan tempat cuci tangan di depan ruang ATM yang dibangun di sejumlah titik.

Mengutip dari The Sun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat berada di ATM. Yaitu menjaga kebersihan sebelum dan sesudah dari ATM.

Berikut cara mencegah penyebaran virus Corona di ATM:

Bersihkan Kartu ATM:

Kartu ATM menjadi salah satu benda yang dapat menularkan virus. Karena itu, ada baiknya untuk membersihkan kartu ATM selepas dipakai. Kartu dapat dibersihkan dengan tisu disinfektan atau pembersih berbasis alkohol. Tetapi, jangan membersihkan kartu gerakan yang kasar agar chip tidak rusak.

Sedia Hand Sanitizer:

ATM menjadi sarang untuk kuman dan virus, terutama tombol mesinnya yang digunakan banyak orang. Agar terhindar dari virus, biasakan untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Tidak Menyentuh Pintu Secara Langsung:

Mulai sekarang, hindari membuka pintu dengan tangan. Anda bisa menggunakan bahu atau siku untuk membuka pintu. Jika harus menggunakan tangan, lapisi tangan dengan baju atau jaket agar pintu tidak disentuh secara langsung.

Cuci Tangan:

Cara yang paling ampuh untuk menghindari virus adalah mencuci tangan dengan sabun plus air mengalir. Jadi, jangan lupa untuk cuci tangan setelah memegang kartu, uang, atau benda lainnya. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here