Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19 di Kaltara Bertambah jadi 5

RSUD Tarakan Disiapkan Tempat Pemeriksaan Sampel Covid-19 se-Kaltara

RSUD Tarakan yang merupakan satu dari 5 rumah sakit rujukan Covid-19 di Kaltara. (Foto:Mansyur Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bertambah jadi 5 tempat.

Terbaru ada di RSUD Malinau di Kabupaten Malinau dan RSU Kota Tarakan (RSKT) milik Pemkot Tarakan. Hal ini sesuai keputusan Kementerian Kesehatan RI dalam percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Kaltara hanya memiliki tiga rumah sakit rujukan Covid-19. Yaitu RSUD Tarakan, RSU Tanjung Selor, dan RSUD Nunukan.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy mengatakan, kelima rumah sakit rujukan tersebut dapat menampung 135 pasien yang dirawat di ruang isolasi masing-masing.

Rincinya, RSUD Tarakan Pemprov Kaltara bisa menampung 70 pasien, RSUD Nunukan 12, dan 13 orang di RSUD Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

“Dan dua rumah sakit rujukan yang baru, untuk RSUD Malinau bisa menampung 24 pasien dan akan dikembangkan, dan RSU Kota Tarakan 16 orang juga akan dikembangkan,” jelasnya dalam press release melalui video konferensi, Rabu (8/4/2020).

Khusus di Tarakan, kata Agust, rumah sakit swasta seperti RSU Ilyas TNI Angkatan Laut juga disiapkan menyediakan ruang isolasi pasien Covid-19 dengan kapasitas untuk 6 orang, termasuk 2 orang di RSU Pertamedika Tarakan.

“Saat ini Pemprov Kaltara juga sedang menyiapkan pengembangan laboratorium di Kaltara untuk melakukan tes Covid-19, yaitu ditempatkan di RSUD Tarakan,” ungkapnya.

Namun hal ini masih dikoordinasikan dengan pemerintah pusat. “Nantinya laboratorium kesehatan juga ada di Kaltara, sehingga bisa memeriksa beberapa sampel untuk diseleksi,” demikian Agust. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here