Motor Patroli Babinsa Diubah jadi Mesin Penyemprotan Disinfektan

Motor patroli Babinsa Koramil 0907/02 Tarakan Tengah yang diubah menjadi mesin penyemprotan disinfektan (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Berbagai upaya memaksimalkan mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Tarakan salah satunya ditunjukkan Sertu Arifin, anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0907/02 Tarakan Tengah.

Pria ini berinovasi mengubah motor patroli Babinsa menjadi mesin penyemprotan cairan disinfektan. Ide kreatif itu muncul setelah mengetahui banyak kawasan di wilayah binaannya yang tidak bisa dijangkau oleh mobil besar dalam penyemprotan disinfektan.

Saat ditemui awak media, Dandim 0907 Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto mengatakan, motor penyemprotan disinfektan diciptakan menggunakan mesin eco wash yang dipasang dalam sebuah box pada bagian belakang kendaraan.

“Motor patroli milik Babinsa yang dimodifikasi menjadi motor semprot disinfektan mampu membawa 40 liter cairan disinfektan, penyemprotan cairan disinfektan menggunakan mesin eco wash yang ada di dalam boks pada belakang kendaraan, dan terhubung dengan aliran listrik pada aki motor,” jelasnya.

Pembuatan Motor Semprot (Morse) tersebut sengaja dibuat sesederhana mungkin untuk membantu masyarakat guna menyemprot cairan disinfektan ke daerah yang tidak dapat dijangkau oleh mobil penyemrot disinfektan.

Kedepannya Morse ini akan ditambah dengan memanfaatkan kendaraan Babinsa lainnya. Hanya saja saat ini masih terkendala pada mesin penyemprot yang tidak tersedia dan harus pesan di Jakarta. (*)

Reporter: Supriyadi

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here