UPDATE COVID-19 Kaltara: Puluhan Spesimen Mulai Diperiksa Besok di BBLK

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy. (Foto: Istimewa)

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Hingga hari ini (12/4) pukul 14.00 Wita, perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) belum terjadi perubahan.

Untuk pasien terkonfirmasi positif misalnya, dari lima kabupaten kota di Kaltara masih berjumlah 15 orang, termasuk satu yang meninggal dunia pada 1 April 2020 lalu.

Meliputi Tarakan 9 orang, Nunukan 3, dan Bulungan 2 orang yang masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan, baik di RSUD Tarakan, RSUD Nunukan dan RSU Tanjung Selor.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy mengatakan, ke-15 pasien positif itu dalam kondisi membaik, namun masih menunggu hasil pemeriksaan kedua dari laboratorium Balai Besar Laboratorium Surabaya (BBLK) Surabaya.

“Info dari BBLK Surabaya bahwa hari ini mereka sudah mendapatkan reagen pemeriksaan dari Litbangkes. Jadi mulai besok pemeriksaan kembali normal lagi, termasuk dari Kaltara,” katanya melalui pesan singkat WhatsApp, Minggu (12/4).

Pemeriksaan specimen dari Kaltara yang akan dilakukan Senin (13/4) besok, diantaranya untuk 29 pasien dalam pengawasan (PDP).

“Ditambah beberapa ODP (orang dalam pemantauan) dari Jamaah Tablig Itjima asal Kaltara yang spesimenya juga dikirim, dan 3 sampel pasien positif dari 16 orang untuk mengetahui perkembangan kesembuhannya,” sebut Agust.

Dia mengharapkan spesimen dari Kaltara yang akan diperiksa di BBLK Surabaya itu segera diketahui hasilnya dan terkonfirmasi negatif.

Agust menyebutkan, 29 PDP dari lima kabupaten kota berada di Tarakan dan Malinau masing-masing berjumlah 7, Nunukan 5, Bulungan 8, dan 2 orang di Kabupaten Tana Tidung.

Sedangkan ODP berjumlah 205 orang. Rincinya, di Tarakan ada 82, Malinau 26, Nunukan 50, Tana Tidung 22, dan 25 orang di Bulungan.

Orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 207 orang, yang tersebar di Tarakan 122, Malinau 1, Nunukan 52, Tana Tidung tidak ada, dan Bulungan 32 orang. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here