Positif Covid-19 Kaltara Tambah 8 Orang, Meliputi 5 di Nunukan dan 3 di Malinau

Press release harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara. (Foto: Istimewa)

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Utara kembali menyampaikan perkembangan kasus Covid-19, Kamis (16/4/2020).

Untuk kasus terkonfirmasi positif misalnya, hingga pukul 11.00 Wita siang ini tercatat berjumlah 28 orang dari 20 pasien data sebelumnya.

Dengan demikian, ada 8 pasien baru yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara dari BBLK Kemenkes di Surabaya.

“Tadi pagi kami kembali mendapatkan hasil yang dikirimkan BBLK Kemenkes Surabaya dari 8 pemeriksaan spesimen dari Kaltara, dengan hasil semuanya positif terkonfirmasi Covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy dalam press releasenya, siang ini.

Delapan pasien positif baru itu meliputi di Kabupaten Nunukan sebanyak 5 orang yang merupakan klaster jamaah tablig Itjima Asia di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan dengan jenis kelamin laki-laki.

“Lima klaster jamaah tablig Nunukan ini memang sudah beberapa hari di isolasi, yaitu pertama bernama MH (42 tahun), SP (66), SK (34), AK (55), dan TR (45), semuanya laki-laki,” sebutnya.

Sementara tiga pasien positif lainnya berada di Kabupaten Malinau yang saat ini telah di isolasi di RSUD Malinau. Yaitu dengan inisial CR (55) jenis kelamin laki-laki, Y (46) seorang perempuan, dan HB (68) juga laki-laki.

“Menurut informasi Dinkes Malinau yang positif ini berasal dari klaster seminar keagamaan di Malinau sekitar tanggal 17-18 Maret 2020,” jelas Agust.

Pihak Dinkes Nunukan dan Malinau segera melakukan kontak tracing atas kasus positif tersebut. “Terutama di Dinkes Malinau, hari ini mulai melakikan survei dari kontak erat 3 kasus positif ini. Sementara di Nunukan memang berasal dari jamaah tablig yang telah dikarantina dan diisolasi di dalam beberapa hri ini,” ujarnya.

Dengan tambahan 8 kasus baru ini, maka total terkonfirmasi positif Covid-19 sampai hari ini berjumlah 28 orang dari lima kabupaten kota se-Kaltara.

“Masih ada 66 spesimen lagi dari Kaltara yang sedang proses dan belum diperiksa, kemungkinan hari ini dan selanjutnya kita akan dikirimkan hasilnya dari BBLK Surabaya,” ungkapnya.

“Dari Dinkes Bulungan dan Nunukan juga baru mengirimkan specimen ke BBLK, terutama sisa klaster jamaah tablig yang baru diambil swabnya,” tambah Agust.

Sementara untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 175 orang. Dengan rinciannya di Tarakan ada 86 orang, Malinau 113, Nunukan 82, Tana Tidung 65, dan 35 di Bulungan.

Sedangkan orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 168 orang. Meliputi Tarakan 105 orang, Nunukan 20, Bulungan 43, dan nihil di Malinau dan Tana Tidung.

Adapun pasien dalam pengawasan (PDP) di Kaltara berjumlah 24 orang yang tersebar di Tarakan sebanyak 3 orang, Malinau 7, Nunukan 5, Tana Tidung 2, dan 7 di Bulungan. (*)

Reporter: Mansyur Adityo.

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here