Tanya Dokter: Apakah Saya Mengalami Gejala Corona?

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Halo Dok, saya ingin menanyakan tentang gejala saya. Dok, saya mengalami sesak nafas tapi tidak begitu serius hanya terkadang tidak pilek tapi kepala saya pusing apa ini gejala Covid-19

dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar gejala corona dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Seiring bertambah menyebarnya wabah virus corona ini di Indonesia, tentu saja membuat masyarakat bertambah panik. Sangat penting untuk mengenal lebih jauh mengenai virus ini agar masyarakat tidak bertambah panik dan dapat melakukan pencegahan. 

Virus corona atau COVID-19 ini menular dengan sangat cepat terhadap sesama manusia. Gejala yang ditimbulkan pun hampir sama dengan gejala batuk dan flu pada umumnya. Selain itu, orang yang terinfeksi bisa juga tidak menimbulkan gejala. Gejala virus corona, yaitu:

– Batuk

– Bersin

– Hidung meler

– Sakit tenggorokan

– Demam tinggi

– Sesak napas

Kalau merasa badan Anda hangat, sebaiknya gunakan termometer atau pengukur suhu badan untuk memastikannya. Suhu badan normal berkisar dari 36,5-37,5 sedangkan lebih dari itu sudah termasuk demam. 

Jika Anda memiliki riwayat bepergian ke luar negeri yang terjangkit virus ini atau pernah kontak langsung dengan pasien positif corona dan belum memiliki gejala apapun, saya sarankan untuk berisitirahat dulu dirumah selama 14 hari dan menerapkan pola hidup sehat.

Anda bisa juga melakukan skrining melalui link ini  https://www.klikdokter.com/pages/cek-virus-corona untuk mengetahui resiko tertular virus corona. 

Apabila dalam masa monitoring dirumah gejala yang ada semakin berat seperti sesak nafas berat hingga keringat dingin, demam tinggi lebih dari 38 derajat dan tidak membaik dengan obat penurun demam, silakan datang ke RS atau fasilitas kesehatan terdekat dari rumah Anda untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gejala corona, semoga bermanfaat. (**)

Interaktif kesehatan ini diterbitkan oleh klikdokter.com.

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here