Total Positif COVID-19 Kaltara Tembus 100 Kasus, Terbaru Ada 7 Orang di Malinau

Press release harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltara. (Foto: Istimewa)

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kalimantan Utara hingga pukul 11.00 Wita, Kamis (30/4), tercatat sebanyak 100 orang.

Dengan demikian, ada 8 tambahan kasus baru positif COVID- 19 di Bumi Benuanta yang sebelumnya berjumlah 92 orang. Delapan kasus baru ini, 7 diantaranya berada di Kabupaten Malinau, dan satu di Tarakan berjumlah satu orang.

Tujuh pasien baru positif di Malinau itu adalah DS (36 tahun) dengan jenis kelamin perempuan, FK (34) perempuan, FA (32) perempuan, JG (9) perempuan, JK (16) laki-laki, JP (13) laki-laki, dan JFR (28) laki-laki.

“Info dari Kabupaten Malinau 7 kasus baru pasien positif ini masih terkait dengan klaster kegiatan seminar keagamaan di Malinau yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, dan beberapa diantaranya kontak erat,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy, dalam press releasenya.

Dengan demikian kasus positif di Malinau yang sebelumnya berjumlah 6 orang kini bertambah menjadi 13 kasus. Sedangkan tambahan satu pasien positif COVID-19 di Tarakan, yakni AA seorang laki-laki dengan usia 27 tahun yang merupakan kasus transmisi lokal.

“Hal ini berdasarkan 31 hasil pemeriksaan spesimen yang kami terima dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya. Dengan rincian 15 sampel pengulangan atau follow up pada kasus positif, dan 16 sampel baru,” sebutnya.

Adapun 15 sampel follow up tersebut 13 diantaranya dinyatakan positif dan 2 negatif. Kedua pasien berjenis kelamin laki-laki itu adalah AP (39) di Bulungan, dan WR (61) di Malinau.

“Dari rumah sakit yang merawat dalam beberapa hari ini, masih melakukan observasi secara klinis radiologis untuk menyatakan pasien ini sembuh dan bisa dipulangkan,” terangnya.

“Dan 16 sampel baru ada 8 yang dinyatakan negatif, 4 di Malinau, 1 di Tarakan, dan 3 di Nunukan,” tambah Agust. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here