Webinar New Norm: Momentum Recovery Perekonomian Kaltara

Webinar dengan tema New Norm Momentum Recovery Perekonomian Kalimantan Utara yang diselenggarakan BI Kaltara dan dihadiri Gubernur Kaltara dan Ekonom Ekonom Nasional dari Universitas Padjajaran Bandung

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar webinar dengan tema “New Norm: Momentum Recovery Perekonomian Kalimantan Utara”, Selasa (16/6/2020).

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Kaltara Irianto Lambrie dan Ekonom Nasional dari Universitas Padjajaran Bandung, Profesor Arief Anshory Yusuf yang bertindak sebagai narasumber di webinar kali ini.

Adapun untuk jumlah peserta pada acara kali ini mencapai angka 379 yang terdiri dari stakeholder utama Bank Indonesia Kaltara, akamedisi, pengusaha, asosiasi, mahasiswa hingga masayarakat umum.

Sustainable Growth Kaltara di tengah Pandemi Covid-19 (Prof. Arief Anshory Yusuf) :

1. Pada tahun 2020, Kementerian Keuangan memproyeksikan perekonomian Indonesia akan berada pada rentang -0,4% – 2,1%. Adapun secara regional Kalimantan Utara masih mampu tumbuh sebesar 5,01% (yoy) pada triwulan I 2020 yang menjadikan Kalimantan Utara sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi yang masih tinggi di masa pandemi saat ini.

2. Pandemi Covid-19 berpotensi mendisrupsi perekonomian Indonesia cukup dalam, terutama apabila kurva pandemi ini tidak bisa dibuat lebih landai sebelum akhir Juli 2020. Hal ini akan memungkinkan untuk membuat pertumbuhan berada pada angka negatif. Lebih lanjut, risiko adanya gelombang ke-2 dari covid-19 berpeluang untuk membuat resesi seperti Asian Financial Crisis pada tahun 1988 silam.

3. Adapun covid-19 ini jika dilihat dari sudut pandang yang positif, dapat memberikan beberapa manfaat bagi kita baik sebagai masyarakat maupun pemerintah. Manfaat yang dapat kita dapat antara lain adalah pandemi ini dapat membuka kelemahan-kelemahan sistem perlindungan sosial yang sudah dibangun selama 10 tahun terakhir. Selain itu dapat menguji kesiapan sektor-sektor tertentu untuk bertahan dan juga menjadi buffer dalam mitigasi krisis global.

4. Dalam rangka penanganan covid-19, pemerintah memberikan stimulus fiskal sebesar Rp405 triliun yang dibelanjakan untuk bantuan sosial, menambah pengeluaran pemerintah untuk bidang kesehatan, dan insentif untuk industri yang dibiayai oleh realokasi anggaran (pengeluaran pemerintah lainnya berkurang 7%) dengan defisit sebesar Rp75 triliun.

5. Covid-19 berdampak terhadap PDRB provinsi di seluruh Indonesia namun nilainya bervariasi dari -1,2% di Papua sampai -7,5% di DKI Jakarta. Daerah dengan dampak terparah adalah daerah pusat industri labour-intensive dan daerah yang berbasis pariwisata. Selain itu, dampak kemiskinan terparah ada di Pulau Jawa, baik dalam proporsi maupun jumlah orang miskin.

6. Tantangan ke depan: pemulihan ekonomi harus dikawal bukan hanya untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi ke jalurnya tetapi memperkuat keberlanjutannya (sustainable and inclusive) Recovery Perekonomian Kaltara di Tengah Pandemi Covid-19 (Gubernur Kalimantan Utara)

1. Perkembangan kasus Covid-19 di Kalimantan Utara per 15 Juni tercatat bahwa jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 170 kasus dengan rincian 135 pasien sembuh, 33 pasien dalam perawatan dan 2 pasien meninggal dunia. Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.777 orang. Lebih lanjut Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 274 orang dengan rincian 220 pasien sembuh, 39 pasien dalam pengawasan, dan 15 pasien meninggal dunia.

2. Adapun strategi yang telah dilakukan pemerintah untuk menangani Covid-19 di Kalimantan Utara secara garis besar telah dilakukan 3 upaya, di antaranya yang bersifat preventif dengan melakukan pembatasan pergerakan masyarakat dan menganjurkan gaya hidup sehat. Kemudian melakukan Test dan Trace kepada masyarakat untuk memberikan informasi akurat terhadap sebaran covid-19 di Kalimantan Utara. Upaya terakhir adalah dengan meningkatkan fasilitas Kesehatan yang ada di Kalimantan Utara dan terbukti bahwa tingkat kesembuhan pasien covid-19 di Kalimantan Utara menjadi yang tertinggi ketiga di Indonesia setelah Aceh dan Riau dengan tangka kesembuhan sebesar 79,4 persen

3. Lebih lanjut, Pemerintah juga telah melakukan refocusing alokasi anggaran APBD 2020 sebesar 109,1 Miliar yang diantaranya digunakan untuk penanganan dampak ekonomi di Kalimantan Utara, untuk social safety net, belanja tak terduga, dan penanganan Kesehatan.

4. Dalam rangka penanganan kesehatan, pemerintah mengadakan pengembangan laboratorium uji swab mandiri dan juga telah melakukan pembelian unit PCR dengan anggaran kurang lebih Rp 5 miliar .

5. Dengan kapasitas fiskal yang tergolong masih rendah pemerintah telah melakukan beberapa kebijakan untuk menjaga baik sisi demand maupun supply di masyarakat. Dari sisi demand, berbagai bantuan telah diberikan kepada masyarakat untuk menjaga daya beli di tengah pandemi covid-19 saat ini.

Selain itu, Pemerintah juga telah menetapkan anggaran sebesar Rp 1,5 Miliar untuk menstimulus pertumbuhan ekonomi khususnya pada sektor UMKM.

6. Beberapa upaya pemulihan ekonomi melalui gerakan produktif dan aman Covid-19 yang menyasar:

a. Akselerasi investasi.

b. Pemulihan tenaga kerja yang terdampak covid-19 sebagai penerima Kartu Pra Kerja. Per 30 April 2020 data penerima Kartu Prakerja untuk Kaltara sebanyak 21.594 orang.

c. Pendalaman sektor penerimaan dengan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya sektor Pajak Daerah (PKB, BBNKB, PBBKB, Pajak Air Permukaan, dan Pajak Rokok).

d. Pembukaan jalur transportasi dengan mempertahankan penerapan standar protokol kesehatan.

e. Penguatan sektor kesehatan, antara lain: penguatan surveillance epidemiologi dan penanggulangan wabah, optimalisasi DAK, dan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), pengadaan alkes, dan santunan kematian.

f. Pengembangan infrastruktur dan proyek strategis, seperti ruas jalan provinsi, akses jalan perbatasan, perealisasian mega proyek PLTA Sei Kayan, Kota Baru Mandiri (KBM), dan perealisasian KIPI.

g. Perbaikan data program dan perlindungan sosial.

h. Meningkatkan sektor kepariwisataan dengan menciptakan upaya-upaya peningkatan kepercayaan wisatawan untuk datang kembali ke Kaltara.

7. Pada acara kali ini, Gubernur Kaltara juga menyampaikan bahwa selama masa pandemi ini tetap harus bersikap optimis agar dapat membantu mempercepat kondisi saat ini baik dari segi perekonomian maupun segi social. (*/sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here