COVID-19 Kaltara: Hari Ini, Jumlah Pasien Positif dan Sembuh Bertambah

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Hari ini, Sabtu (20/6/2020), jumlah pasien positif dan sembuh dari virus corona di Kalimantan Utara (Kaltara) kembali bertambah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara menyebutkan ada penambahan sebanyak dua pasien positif yang dinyatakan sembuh.

Kedua pasien tersebut berasal dari Kabupaten Malinau. Yaitu BL (38 tahun) laki-laki yang merupakan eks peserta Retreat GKII Langap Malinau. Sementara seorang lainnya bernama AR (55) laki-laki yang merupakan kasus transmisi lokal atau kontak erat GKII Langap.

“Penambahan kasus konfirmasi positif juga terjadi di Kota Tarakan sebanyak dua orang, berdasarkan hasil pemeriksaan TCM (tes cepat molekuler) di RSUD Tarakan,” sebut Agust

Kedua pasien terkonfirmasi positif ini bernama DAS (26) perempuan, dan SB (55) yang merupakan anak buah kapal (ABK) KM Fuen 7 yang datang dari Batulicin, Kalimantan Selatan dan tiba di Tarakan pada 16 Juni lalu.

Agust mengungkapkan, sebanyak 17 ABK lainnya akan diambil swabnya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ditanya lebih jauh apakah penambahan dua positif menjadi klaster baru di Kaltara, Agust mengatakan masih menyelidiki.

“Belum dikelompokkan dalam klaster, karena jumlahnya kecil dan penularannya juga belum dipastikan apakah dibawa dari daerah asal atau di kapal,” jelasnya.

Dengan bertambahnya dua pasien sembuh dan dua pasien baru, maka jumlah kumulatif kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kaltara 175 orang, sembuh menjadi 149 orang dan kasus positif meninggal 2 orang.

“Sehingga yang masih menjalani perawatan sebanyak 24 orang, persentase kesembuhan di Kaltara sudah 86,12 persen,” demikian Agust. (fat)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here