Masuk Tarakan 16 Juni, Dua ABK KM Fuen Dinyatakan Positif Corona pada 18 Juni

Press rilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan secara virual, pagi tadi.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Setelah beberapa pekan kasus positif Covid-19 melandai dengan jumlah kumulatif 47 pasien, hari ini, Sabtu (20/6/2020), akhirnya kembali bertambah menjadi 49 orang.

Dengan demikian terdapat penambahan sebanyak dua orang. Dua pasien positif baru ini berinisial S (48 tahun) dan D (25) dengan jenis kelamin laki-laki.

Dalam press rilisnya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan dr Devi Ika Indriarti mengatakan, kedua orang ini merupakan anak buah kapal (ABK) KM Fuen 07 yang berasal dari Batu Licin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

KM Fuen masuk Tarakan membawa bahan material bangunan berupa semen belum lama ini. “Kedua ABK ini memang memiliki keluhan seperti tidak enak badan sehingga tim gugus tugas melakukan uji swab menggunakan mesin TCM di RSU Kota Tarakan dan hasilnya positif Covid-19,” jelasnya.

Dia menuturkan, kapal tersebut bersandar di Pelabuhan Malundung pada 16 Juni 2020. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab pada18 Juni. “Dan pada 19 Juni 2020 hasilnya terkonfirmasi positif, dan sudah dirawat sejak tanggal 18 Juni,” ujarnya.

Dia menambahkan dari 49 orang jumlah kumulatif positif Covid-19, sebanyak 40 diantaranya hingga hari ini telah dinyatakan sembuh dari corona.

“Sehingga pasien yang masih menjalani perawatan di RSU Kota Tarakan berjumlah 9 orang, sudah termasuk dua kasus baru yang merupakan ABK ini,” sebut Devi.


Adapun jumlah orang dalam pemantauan (ODP) hingga hari ini tercatat sebanyak 290, orang tanpa gejala (OTG) 42, dan nol untuk pasien dalam pengawasan. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here