25 Juni Pendaftaran Pembuatan SIM Gratis Mulai Dibuka

Layanan pembuatan SIM di Polres Tarakan. (Foto: Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Program Polri dengan menggratiskan pembuatan surat izin mengemudi atau SIM gratis akan dibuka pada 25 Juni nanti. Layanan gratis ini dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 tahun.

“Pendaftaranya kita buka pada 25 Juni hingga 1 Juli mendatang, tapi SIM gratis ini bagi yang lahir pada 1 Juli atau bertepatan pada HUT Bhayangkara,” kata Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja Arthadira melalui Kasat Lantas AKP Arofiek Aprilian Riswanto.

Polres Tarakan sendiri nantinya akan menyiapkan 30 slot SIM gratis. Diantaranya 15 untuk yang mengajukan perpanjangan dan 15 lagi untuk pembuatan SIM baru.

Meski pembuatan SIM ini gratis, persyaratan yang telah ditetapkan selama ini tetap wajib diikuti bagi para pemohon. Yaitu harus cukup umur dan melampirkan dokumen lainnya yakni surat kesehatan dan kartu identitas diri seperti KTP.

“Kalau warga yang identitasnya luar Tarakan tetap bisa mengajukan pendaftaran SIM gratis di Polres Tarakan, tapi tetap yang lahirnya bertepatan dengan HUT Bhyangkara,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain harus menyiapkan berkas permohonan, pembuat SIM gratis tetap juga mengikuti tes kompetensi seperti biasanya. Hanya saja, pemohon SIM gratis ini akan diberikan asistensi jika gagal saat mengikuti tes.

Kan membuat SIM harus tes kompetensi, tapi nanti tetap dibantu, Insya Allah kalau sudah diajari pasti akan berhasil,” sebut Arofiek. Setelah melengkapi semua berkas dan lulus tes kompetensi, Arofiek memastikan, SIM gratis yang disiapkan Polres Tarakan akan diberikan langsung secara simbolis bagi para pemohonnya. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here