Antisipasi Penularan Covid-19 Bagi Tenaga Kesehatan di Tarakan Masih Sulit Dilakukan

Press rilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Jumlah kumulatif konfirmasi positif Covid-19 di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara hingga Selasa (30/6/2020), tercatat sebanyak 78 orang.

Hari ini terdapat dua penambahan kasus konfirmasi positif COVID-I9, yaitu dr.MA (27) tahun warga Kelurahan Pamusian dan seorang tenaga kesehatan di UPT Dinas Kesehatan (Dinkes) Tarakan. Satu tambahan lainnya adalah ABN (54) laki-laki warga Kelurahan Gunung Lingkas.

Sehingga total sementara pasien positif yang masih dirawat sebanyak 35 orang, diantaranya 26 orang di RSKT dan sisanya 9 orang dirawat di RSUD Tarakan. Adapun pasien yang dinyatakan sembuh dari corona masih tercatat 43 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan dr Devi Ika Indriarti mengatakan, seorang dokter di lingkungan UPT Dinkes tersebut diketahui sejauh tak pernah melayani pasien positif Covid-19. “Selama ini dia (dr MA) melayani pasien umum, kita belum tahu darimana sumber penularannya. Dia juga bukan dari tenaga kesehatan dari petugas UPT sebelumnya yang tertular Covid-19,” ungkapnya dalam press rilisnya.

Bahkan berdasarkan hasil tracing yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr MA tidak pernah memiliki kontak erat dari pasien positif sebelumnya.

Dengan demikian, total tenaga kesehatan yang selalu dilengkapi alat pelindung diri (APD) saat bertugas di lingkungan Dinkes Tarakan yang terpapar Covid-19 berjumlah 14 orang.

“Kita masih kesulitan dan tidak bisa mengantisipasi untuk kalangan tenaga kesehatan agar tidak tertular Covid-19, karena kita melakukan pemeriksaan swab secara massif kepada mereka. Dan masih ada beberapa swab yang menunggu hasilnya. Termasuk dari masyarakat dari tracing kasus,” demikian Devi.

Untuk diketahui, hingga hari ini orang dalam pemantauan atau ODP di Tarakan tercatat sebanyak 346, orang tanpa gejala (OTG) 182, dan satu pasien dalam pengawasan atau PDP. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here