Dipimpin Presiden Jokowi, Kapolda Hadiri Upacara HUT ke-74 Polri secara Virtual

Kapolda Kaltara beserta jajaran saat mengikuti Upacara HUT ke-74 Polri yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo secara virtual, pagi tadi.

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Hari ini, Rabu (1/7/2020), kepolisian republik Indonesia (Polri) genap berusia 74 tahun. Sepanjang usianya itu, Polri senantiasa berdiri menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai masalah yang kecil hingga besar.

Namun, ada yang berbeda di hari jadinya tahun ini lantaran wabah virus corona atau Covid-19 yang tengah melanda Indonesia.

Bertempat di Polda Kaltara, Kapolda Kaltara Irjen Pol, Indrajit beserta jajarannya mengikuti upacara Hari Bhayangkara serentak se-Indonesia secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Upacara ini diikuti seluruh Polda dan Polres se-Indonesia.

Dalam upacara tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan amanatnya. Presiden meminta kepada seluruh anggota Polri agar memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas untuk menjaga kehormatan, kepercayaan serta kebanggaan sebagai anggota Polri.

“Anggota Polri harus terus melakukan reformasi diri secara total membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif transparan dan akuntabel, serta bangun kultur kerja Polri yang profesional modern dan tepercaya,” papar Jokowi.

“Serta memantapkan soliditas internal, memperkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks,” sambungnya.

Ia juga meminta seluruh anggota Polri terus menerapkan strategi pro aktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat, juga terus menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

“Juga jangan lupa, anggota Polri harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab,” tambahnya lagi.

Selaras dengan amanat presiden Joko Widodo, gagasan Kampung Trengginas oleh Polda Kaltara pun akan makin dimatangkan progresnya sebagai bentuk partisipasi Polri dalam mendukung pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Juga sebagai bentuk sinergritas Polri bersama TNI untuk terus menjaga kondusifitas dalam menghadapi tantangan yang kompleks. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kaltara yang telah membantu tugas-tugas Polri dalam upaya bersama memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19, sehingga tidak ada kejadian menonjol yang menggangu keamanan di Kaltara kita tercinta ini,” singkatnya. Upacara ini juga dihadiri oleh Danrem 092/Maharajalila, Danlantamal Tarakan, Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, Ketua DPRD Kaltara, dan seluruh Forkopimda Kaltara yang dilanjutkan dengan acara syukuran. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here