Demokrat Beri Yansen TP Wewenang Penuh Tentukan Arah Pilkada Serentak se-Kaltara

Yansen TP (Foto: Dok Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Partai Demokrat menyerahkan seluruh mandat kepada Wakil Ketua Umum DPP Yansen TP untuk menentukan sikap dan arah partai dalam menghadapi pilkada serentak yang dihelat 9 Desember mendatang se-Kalimantan Utara (Kaltara).

“Pak Yansen TP bukan hanya Ketua DPD Demokrat Kaltara, tapi juga Wakil Ketua Umum DPP Demokrat yang diberi wewenang penuh dalam menentukan arah Demokrat se-Kaltara untuk pilkada serentak tahun ini,” tegas Sekretaris DPD Demokrat Kaltara, Muddain ST, kepada Kayantara.com, Selasa (7/7/2020).

Meski begitu, sampai hari ini Demokrat belum juga memutuskan arah dukungannnya lantaran masih menjalin komunikasi intens, baik kepada seluruh partai politik yang belum menyatakan sikap maupun figur yang digadang-gadang akan maju di pemilihan gubernur (pilgub) Kaltara.

Komunikasi politik yang terus dibangun tersebut, dikatakan Muddain, mengedepankan prinsip-prinsip yang dimiliki Demokrat, yaitu beretika dan berpolitik santun.

“Politik santunnya adalah bahwa berkomunikasi politik itu wajar sah-sah saja, akan tetapi jangan terlampau menjustice, bahwa partai orang bisa diambil. Silahkan berkomunikasi politik, urusan apakah partai itu bisa dikomunikasikan dengan baik atau tidak, biarkanlah DPP yang menentukan,” tutur anggota DPRD Kaltara dapil Tarakan ini.

Kendati Demokrat meraih suara terbanyak pada pemilihan umum 17 April 2019 lalu, namun partai yang diketuai oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini hanya mampu meraih empat kursi.

Sehingga Demokrat diharuskan berkoalisi dengan partai lain guna memenuhi syarat minimal 7 kursi untuk pencalonan gubernur dan wakil gubernur di pilgub Kaltara 2020.

“Mengenai siapa calon yang akan diusung Demokrat, sampai saat ini kami masih komunikasikan dengan seluruh figur dan partai koalisi yang direncanakan. Ada saatnya nanti kami sampaikan,” katanya.

“Sampai saat ini kami masih berkomunikasi dengan Pak Udin Hianggio, Zainal Paliwang, La Tinro La Turung, dan partai-partai politik yang belum menentukan sikap,” tambah Muddain.

Dia memperkirakan, siapa pasangan bakal calon sebagai peserta pilgub Kaltara yang akan diusung Demokrat akan diumumkan paling lambat akhir Juli ini.

Menyinggung keikutsertaan Yansen TP di pilgub Kaltara, Muddain hanya menegaskan bahwa Bupati Malinau dua periode tersebut merupakan kader terbaik yang dimiliki Demokrat saat ini. “Beliau punya pengalaman organisasi dan karir birokrasi yang cukup bagus, dan beliau adalah Bupati Malinau dua periode dengan segudang prestasi. Mudah-mudahan indah pada waktunya,” demikian Muddain. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here