Jaga Ketahanan Pangan Kaltara, Polda Gelar Penebaran Benih Ikan di Tarakan

Kapolda Berharap Setiap Kecamatan Dibentuk Kampung Trengginas

Kapolda Kaltara bersama Danrem 092 Maharajalila dan Forkopimda Tarakan saat memanen dan menebar benih ikan di Mako Sat Brimob Polda Kaltara di Tarakan. (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Polda Kaltara bersama Danrem 092 Maharajalila dan Forkopimda Kota Tarakan menggelar panen ikan dan penebaran benih ikan di Mako Sat Brimob Polda Kaltara. Kamis (9/07/2020).

Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan selama menghadapi pandemi Covid-19 dengan menciptakan Kampung Trengginas.

“Adanya Kampung Trengginas kita bisa menghadapi dampak Covid-19 agar dapat terkendali terhadap ketahanan pangan, mulai dari tingkat kampung hingga desa mulai melakukan ketahanan pangan baik di bidang prikanan, perkebunan, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Hingga saat ini, ada 16 Kampung Trengginas yang dibentuk di lima kabupaten kota di Kaltara. Jumlah ini akan terus bertambah.

“Tiap hari Kampung Trengginang terus bertambah, minimal setiap kecamatan yang ada di Pronvisi Kalimantan Utara memiliki 5 Kampung Trengginang, harapannya setiap kecamatan harus memiliki Kampung Trengginang,” tegasnya.

Kegiatan penebaran benih ikan tersebut dilakukan agar dapat memotivasi masyarakat untuk selalu menjaga ketahanan pangan selama menghadapi virus corona ini.

“Kita hanya memotivasi masyarakat agar turut ikut dalam melakukan ketahanan pangan selama menghadapi pandemi Covid-19 ini. Saat ini dimulai dari unsur TNI-Polri kemudian masyarakat akan mengikutinya,” katanya.

Selain panen ikan dan penebaran benih ikan, Polda juga melakukan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Tercatat sejauh ini bansos yang dikeluarkan Polda sebanyak 130 ton.

“Bansos yang sudah disalurkan ke masyarakat sebanyak 160 ton, dimana 130 ton dari Mabes Polri dan 30 ton dari Polda Kaltara dan sudah tergabung dengan unsur yang terlibat dalam penyaluran bansos tersebut,” Imbuhnya.

Danrem 092 Maharajalila, Kol Inf Suratno mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Polda Kaltara yang saat ini gencar memanfaatkan lahan-lahan untuk melakukan ketahanan pangan dalam menghadapai pandemi covid-19 di Kalimantan Utara.

“Kami unsur TNI Kalimantan Utara terus mendukung dalam menjaga ketahanan pangan di Kalimantan Utara, dan kami juga sudah menginstruksikan Kodim untuk memanfaatkan lahan untuk melakukan penanaman seperti tomat, kangkung, cabai dan kebutuhan pasar lainnya,” kata Suratno. (pri/sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here