Hasil Tes Kesehatan dan Psikologi Bakal Calon Resmi Diserahkan ke KPU

Tim Pemriksa Kesehatan dan Psikologi bakal calon kepala daerah Pilkada Serentak 2020 disela acara penyerahan dokumen hasil tes kesehatan yang dilakukan di RSUD Tarakan sejak 4 hingga 10 September 2020kepada KPU, pagi tadi.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltara dan empat kabupaten kota secara resmi menerima hasil tes kesehatan dan psikologi bakal calon (bacalon) kepala daerah pada Pilkada Serentak 2020.

Penyerahan dokumen hasil tes kesehatan dan psikologi ini diserahkan oleh Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Bacalon Pilkada Kaltara, dr Franky Soentoro, di Lantai IV RSUD Tarakan, Jumat (11/9) pagi tadi.

Adapun dokumen hasil tes kesehatan dan psikologi yang diterima KPU Kaltara adalah bacalon gubernur dan wakil gubernur, yakni pasangan Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP, Udin Hianggio-Undunsyah, dan Irianto Lambrie-Irwan Sabri.

Sementara KPU Bulungan, Tim Kesehatan Pilkada Kaltara menyerahkan dokumen hasil pemeriksaan pasangan Najamuddin-Ari Yusnita, Syarwani-Ingkong Ala, Sigit Muryono-Markus Juk, dan Joko Susilo-Kosmas Kajan.

Kemudian KPU Nunukan yakni pasangan Asmin Laura Hafid-Hanafiah dan bacalon bupati H.Danni Iskandar. Selanjutnya KPU Malinau menerima dokumen untuk pasangan Martin Labo-Datu Mochmmad Nasir, Jhonny Laing Impang-Muhrim, dan Wempi Mawa-Zakaria.

Berikutnya, Ketua KPU Tana Tidung, Hendra Wahyudi, menerima dokumen hasil pemeriksaan kesehatan untuk pasangan Markus-Hamzah, Ibrahim Ali-Hendrik, Umi Suhartini-Herman, dan Sofian-Juid.

“Hasil pemeriksaan kesehatan sudah kami terima, termasuk di empat KPU kabupaten. Tadi tim kesehatan sudah menyampaikan gambarannya, mudah-mudahan hasilnya memenuhi harpan kita semua,” kata Anggota KPU Kaltara, Teguh Dwi Soebagyo, kepada Kayantara.com.

Namun secara detail hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi seluruh bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kaltara dapat diketahui melalui rapat pleno pada 13 September nanti.

“Hasilnya sudah final dan insyaAllah tidak ada perubahan. Tapi kami tidak bisa menyampaikan persisnya karena isinya belum saya buka. Nanti akan kita buka saat pleno nanti dengan mengundang seluruh LO bakal calon,” jelasnya.

12 September, KPU Tana Tidung Umumkan Hasil Tes Kesehatan dan Psikologi Paslon

Hal senada juga dikatakan Ketua KPU Tana Tidung, Hendra Wahyudi, bahwa hasil pemeriksaan tes kesehatan dan psikologi yang dilaksanakan di RSUD Tarakan sejak tanggal 4 hingga 10 September 2020, akan diumumkan Minggu (13/9) nanti di Sekretariat KPU Tana Tidung.

Komisioner KPU Tana Tidung saat menghadiri acara penyerahan dokumen hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon bupati dan wakil bupati dari Tim Kesehatan

“Alhamdulillah kami sudah menerima hasil pemeriksaan dari tim kesehatan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Tana Tidung yang mengikuti tes kesehatan dan psikologi di RSUD Tarakan,” ujarnya.

Dia juga mengisyaratkan berdasarkan penyampaian Ketua Tim Kesehatan dan Psikologi Bacalon kontestan Pilkada Serentak 2002, bahwa semua kandidat bupati dan wakil bupati telah nyatakan memuaskan.

“Artinya telah memenuhi syarat, tapi secara resmi akan disampaikan dalam rapat pleno di kantor KPU Tana Tidung hari Minggu nanti,” ungkpanya. “Tapi sebelumnya atau besok kami melaksanakan rapat pleno terkait daftar pemilih sementara (DPS). Untuk bayangan jumlah DPS pada Pilkada di KTT kami belum tahu, nanti kita ketahui bersama dalam rapat pleno,” demikian Hendra. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here