IDI Hanya serahkan 31 Hasil Tes Kesehatan Bacalon, dr Franky: Satu Orang Belum Bebas Covid-19

Salah satu bakal calon kepala daerah saat mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan yang dilaksanakan sejak 4 hingga 10 September 2020.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Kaltara, dr Franky Soentoro mengatakan telah menyerahkan seluruh dokumen hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi bakal calon kepala daerah kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dokumen hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi ini diserahkan langsung kepada KPU Kaltara, KPU Bulungan, Nunukan, Malinau, dan Tana Tidung, Jumat (11/9) pagi tadi. Termasuk kontestan Pilkada Serentak 2020 atau yang mewakili.

“Sebenarnya semua harusnya ada 32 dokumen, baik calon gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati se Kaltara. Tapi kurang satu orang dari Nunukan karena belum terbebas dari Covid-19, yang merupakan syarat tes kesehatan dan psikologi,” ungkapnya kepada Kayantara.com.

Kontestan yang dimaksud adalah bakal calon wakil bupati Nunukan atas nama Muhammad Nasir yang terjangkit virus corona. “Satu calon yang tertunda ini akan menyusul setelah kembali diswab dan dinyatakan negatif atau sampai hasilnya negatif,” terangnya.

Sementara dari hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi, 31 bakal calon dinyatakan memenuhi syarat.

“Tapi secara detailnya nanti disampaikan KPU masing-masing melalui rapat plenonya.  Yang jelas semua calon memenuhi syarat berdasarkan hasil pembanding kesehatan dan juknis (petunjuk teknis),” tandasnya.

dr Franky menyebutkan ada beberapa item dalam pemeriksaan kesehatan dan psikologi yang telah diikuti seluruh bakal calon.

Rincinya, delapan item dari Himpunan Psikiater Seluruh Indonesia (HIMPSI) Kaltara, enam Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP), serta sembilan tahapan untuk tes fisik dan medis.

“Tahapan medis dan fisik yang diperiksa mulai dari syaraf, mata, THT, mulut, paru, jantung, penyakit dalam keseluruhan, bedah, tulang, dan lainnya,” sebutnya.

“Untuk satu calon yang tertinggal kami sudah menyiapkan tim khusus yang melibatkan semua tim namun dalam jumlah yang kecil. Mengenai jadwalnya kapan setelah hasil swab apabila negatif,” tambah dr Franky.

Adapun dokumen hasil tes kesehatan dan psikologi yang diterima KPU Kaltara adalah bacalon gubernur dan wakil gubernur, yakni pasangan Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP, Udin Hianggio-Undunsyah, dan Irianto Lambrie-Irwan Sabri.

Sementara KPU Bulungan, Tim Kesehatan Pilkada Kaltara menyerahkan dokumen hasil pemeriksaan pasangan Najamuddin-Ari Yusnita, Syarwani-Ingkong Ala, Sigit Muryono-Markus Juk, dan Joko Susilo-Kosmas Kajan.

Kemudian KPU Nunukan yakni pasangan Asmin Laura Hafid-Hanafiah dan bacalon bupati H.Danni Iskandar. Selanjutnya KPU Malinau menerima dokumen untuk pasangan Martin Labo-Datu Mochmmad Nasir, Jhonny Laing Impang-Muhrim, dan Wempi Mawa-Zakaria.

Berikutnya, Ketua KPU Tana Tidung, Hendra Wahyudi, menerima dokumen hasil pemeriksaan kesehatan untuk pasangan Markus-Hamzah, Ibrahim Ali-Hendrik, Umi Suhartini-Herman, dan Sofian-Juid. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here