Hasan Basri Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dengan Warga KKPUS Tarakan, Pembekalan untuk Kaum Perempuan

Peserta sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri di Tarakan saat foto bersama.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Anggota DPD RI asal Kalimantan Utara (Kaltara), Hasan Basri kembali menyosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Kota Tarakan.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kali ini ditujukan kepada Kerukunan Keluarga Pitu Ulunna Salu (KKPUS) Tarakan di salah satu rumah warga di Kelurahan Gunung Lingkas Kecamatan Tarakan Timur, pada 29 September 2020.

Dipandu Afandi Kamarudin sebagai moderator, sosialisasi sederhana ini juga tak lepas tetap mengedepankan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

Hasan Basri mengaku, sengaja mengajak kaum perempuan untuk memahami pentingnya 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

“Perempuan adalah guru pertama bagi anak-anak. Jadi kekuatan utama negara itu bergantung kekuatan rumah tangga rakyatnya. Di sinilah sejatinya kekuatan kaum perempuan,” ucap Hasan Basri dihadapan kurang lebih 150 peserta yang didominasi perempuan.

Dijelaskan Hasan Basri secara rinci, Pancasila dijadikan sebagai dasar dan ideologi negara. Sedangkan UUD 1945 digunakan sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR RI. Sementara NKRI sebagai bentuk negara. Dan terakhir Bhineka Tunggal Ika yang dijadikan sebagai semboyan negara.

“Kenapa kita semua harus benar-benar memahami pilar kebangsaan? Karena inilah pemersatu negara kita. Budaya luar tak bisa dibendung. Makanya, tujuan saya hari ini mengundang ibu dan bapak agar bisa memberikan pemahaman bagi anak-anak kita. Intinya, kita mulai dari rumah,” tambah dia.

Hal senada juga diterangkan Yusuf Ramlan selaku narasumber dalam sosialisasi kebangsaan tersebut. Mantan Wakil Ketua DPRD Tarakan ini juga mengapresiasi kepada Hasan Basri yang sangat peduli dengan rakyat Kaltara, khususnya yang ada di Kota Tarakan.

Dia menilai bahwa Hasan Basri merupakan wakil rakyat yang paling rajin dan tanpa henti membantu warga yang sedang kesulitan, terutama saat-saat pandemi Covid-19 sekarang ini. “Jujur saja, saya salut kepada Bapak Hasan Basri yang hampir setiap saat memberikan perhatiannya kepada masyarakat, membantu masyarakat yang sedang kesulitan dan saya juga ikut merasa terbantu,” tuturnya. (adv/sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here