Diskominfo Malinau Pasang Daya Akses Internet di Perbatasan

Pegawai Diskominfo Malinau saat memasang jaringan penambahan daya untuk peningkatan akses jaringan internet di wilayah Pujungan dan Bahau Hulu.

KAYANTARA.COM, MALINAU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malinau memasangkan satu daya akses internet di dua kecamatan perbatasan, yakni Kecamatan Pujungan dan Kecamatan Bahau.

Kepala Dinas Kominfo Malinau Agustinus menyampaikan pihaknya telah turun ke lapangan menyiapkan satu daya akses jaringan internet di Kecamatan Pujungan dan Bahau Hulu.

“Kenapa dipersiapkan satu daya itu? Karena, begitu pihak ketiga sudah memasang perangkat internetnya, maka langsung bisa dipergunakan,” ujar Agustinus, Selasa (6/10/2020).

Menurut Agustinus, satu daya dan satu aki dilengketkan langsung dengan solar cell. “Di wilayah sana, memang tidak menggunakan jaringan PLN, tapi masih menggunakan sollar cell,” katanya.

Sebenarnya, kata dia, Kecamatan Pujungan sudah memiliki akses internet dari Bakti. Namun, masih menggunakan satu daya. Karena itu, pihaknya kembali memasang satu daya lagi.

“Sedangkan Bahau Hulu juga akan segera terpasang. Kemungkinan sekitar 20 Oktober sudah terpasang,” jelasnya.

Dia menyampaikan, bahwa penambahan daya akses internet ini tidak hanya di dua kecamatan tersebut, tetapi ada 8 kecamatan.

“Namun, yang baru terpasang di empat kecamatan, yakni Mentarang Hulu, Pujungan, Malinau Selatan dan Sungai Boh,” jelasnya.

Dia menyampaikan bahwa pihaknya beralih ke teknologi sederhana tanpa menggunakan anggaran besar. “Makanya, yang disiapkan hanya 100 Ampere 12 Volt. Dengan menggunakan panel solar cell yang digandengkan. Jadi daya yang terpasang sudah cukup menghidupkan akses internet,” pungkasnya. (adv/eby)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here