Mulai Hari Ini KPU Tana Tidung Lakukan Distribusi Logistik Pilkada Serentak

Ketua KPU Tana Tidung Hendra Wahyudi

KAYANTARA.COM, TIDENG PALE – Mulai hari ini, Senin (7/12/2020) KPU Kabupaten Tana Tidung akan mendistribusikan logistik Pilkada Serentak ke lima kecamatan.

Logistik yang didistribusikan secara serentak itu berupa kotak suara, bilik suara, surat suara sebanyak 16 ribu lebih

Ketua KPU KTT, Hendra Wahyudhi mengatakan, di KTT ada lima kecamatan dengan 62 TPS. Lima kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Sesayap, Kecamatan Sesayap Hilir, Kecamatan Tana Lia, Kecamatan Betayau dan Kecamatan Muruk Rian.

“Baik itu di kawasan darat dan kawasan pesisir kita akan salurkan logistik secara serentak. Tidak ada kendala yang berarti, semuanya dalam kontrol dan dipastikan aman-aman saja dengan pengawalan dari pihak kepolisian,” ujarnya, Minggu (6/12/2020).

Dikatakan, distribusi logistik ke kawasan darat cukup menggunakan kendaraan dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Sementara penyaluran ke kawasan pesisir memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke pesisir pantai, terutama di kawasan Desa Tengku Dacing dan desa lainnya di Kecamatan Tanah Merah, begitu pula dengan kecamatan Sesayap Hilir bagian bantaran sungai

“Kita berharap pendistribusian berjalan lancar dan kalaupun ada kekurangan di lapangan akan segera teratasi kedepannya, biarpun pelaksanaan pilkada kali ini berbeda akan tetapi kita harus memastikan pemilu berjalan maksimal dan tertib,” harap dia.

Ia kembali mengingatkan pada Rabu, 9 Desember nanti agar semua masyarakat yang mempunyai hak pilih segera mendatangi TPS setempat yang menjadi tempat mencoblos sesuai dengan KTP Elektronik (KTP el) yang dimiliki, dan pastikan gunakan suaramu untuk menentukan siapa pemimpin terbaik, baik pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KTT.

“Selain itu, pelaksanaan pilkada ditengah pandemi COVID-19, masyarakat tidak perlu khawatir sebab kami telah menyiapkan berbagai Standar Operasional Procedure (SOP) terkait protokol kesehatan (Prokes), jadi tidak perlu takut datang ke TPS dan gunakan hak pilih kalian, semuanya aman dengan berbagai persiapan yang kami lakukan,” imbuh dia.

Persiapan pilkada di masa pandemi, KPU menyiapkan masker untuk masyarakat pemilih. Kemudian mengecek suhu tubuh, menyiapkan fasilitas pencuci tangan, handsanitizer serta pengaturan kursi yang berjarak kurang lebih 1 meter.

Pemilih yang akan mengambil nomor antrean dan mengisi formulir sebelum mencoblos, diberikan sarung tangan sekali pakai untuk mencoblos, penggunaan tetesan tinta di jari.

Kemudian menyemprot ruangan TPS secara berkala atau setiap satu atau dua jam sekali, menyiapkan TPS khusus bagi pemilih yang dicek suhu diatas dari 37,30 derajat celcius, serta berbagai aturan prokes demi tujuan memaksimalkan pemilih datang ke TPS. (mil)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here