Pemkot Tarakan Siap Bangun Bank Darah Tali Pusar, Pertama di Kaltara

Walikota Tarakan dr Khairul

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pemkot Tarakan melakukan kerja sama dengan Vinski Tower dalam hal bank darah tali pusar (stem cell). Penandatangan itu dilakukan Walikota Tarakan, dr H Khairul, M Kes di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penandatanganan nota kesepahaman ini sekaligus menjadikan Tarakan pertama dan satu-satunya daerah di Kaltara yang memiliki bank darah tali pusar.

Bank darah tali pusar sendiri sudah banyak digunakan untuk terapi pengobatan oleh negara-negara maju. Dengan menyimpan darah tali pusar tersebut, sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis.

“Stem cell sebenarnya bukan penemuan baru, tapi di negara-negara maju telah menjadi alternatif terapi untuk penyakit, seperti kencing manis, jantung, leokimia, dan lainnya itu semua melalui stem cell,” terangnya kepada awak media, Senin 7 Desember 2020.

Nantinya, Vinski Tower akan membangun fasilitas penyimpanan berupa laboratorium. Ini juga bersamaan dengan dibangunnya fakultas kedokteran di UBT Tarakan.

“Tarakan ini menjadi salah satu bagian dari Vinski Tower dari Prof Dr Deby Susanti Pad, PhDPhD,” sebutnya.

Lebih lanjut Khairul menjelaskan, Vinski Tower yang dipimpin Prof Dr Deby Susanti Pad, PhD, merupakan salah satu yang terbaik di tanah air.

“Kita belum tahu kapan, yang jelas mereka sudah berproses. Dengan adanya stem cell ini juga memajukan dunia medis di Tarakan,” tutupnya. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here