Peringati Hari Ibu, PKK Malinau Gelar Rapid Test Massal ke Kaum Perempuan

KAYANTARA.COM MALINAU – Dalam rangka memperingati hari Ibu yang ke 92 tahun 2020, Tim pengerak PKK Kabupaten Malinau menggelar rapid test massal di lima kecamatan terdekat dan terjauh.

Adapun kelima kecamatan itu, diantaranya Kecamatan Malinau Kota, Kecamatan Malinau Utara, Kecamatan Malinau Barat, Kecamatan Mentarang dan Kecamatan Kayan Selatan. “Jadi rapittes ini ada yang dikawasan perbatasan. Dan langsung dilaksanakan oleh ketua pengerak kecamatan dan anggota untuk melaksanakannya bagi kecamatan yang jauh,” kata Ketua PKK Kabupaten Malinau Ny.Ping Ding Yansen, , kamis (17/12).

Lanjut Ping menuturkan, pelaksanan rapid test massal ini memang sesuai dengan intruksi tim pengerak PKK nasional. “Jadi Untuk semua PKK disetiap tingkat atau jenjang melaksanakna rapid tes kepada kaum ibu atau kaum perempuan,” jelas dia.

Untuk jumlah peserta yang dapat mengikuti di setiap kecamatan, sebut Ping, perkecamatan itu sebanyak 50 orang yang dapat diperiksa. Dengan total di lima kecamatan sebanyak 250 orang. “Itu sesuai ketentuan yang ada. Diberikan minimal 100 orang. Tetapi kita bagikan ke lima kecamatan agar ibu-ibu di setiap kecamatan mendapatkan pemeriksaan rapid test,” kata Ping.

Disamping itu, Ping menyampaikan pemeriksaan rapid tes masal ini merupakan satu bagian bagaimana dalam penanganan Covid-19. “Jadi dengan semangat hari ibu, PKK mengambil satu momen yaitu penanganan COvid-19. Apalagi memang selama ini mengancam bagi keluarga dan masyarakat,” jelasnya.

Bahkan, kata Ping, untuk di Malinau sendiri sudah sempat mengalami zero. Namun, ternyata masih ada penambahan dan peningkatan. “Jadi kita harus mengambil bagian dan melakukan pencegahan. Jadi rapid tes ini bertujuan mengindikasi, jikalau ditemukan maka disarankan segera mengisolasi mandiri,” ungkapnya.

Maka dari itu, kehadiran PKK setiap kecamatan dalam melaksanakan rapid test memberikan pemahaman kepada kaum perempuan atau Ibu-ibu. Karena mereka yang dapat membantu dan memberikan pengertian tentang kesehatan di lingkungan keluarganya. “Intinya mencegah lebih baik. Jadi rapid test ini tidak menakutkan. Karena hanya sebentar saja dua menit,” katanya.

Ping menambahkan, rapid test ini juga memberikan suatu edukasi kepada kaum perempuan secara dini. “Terutama bagaimana harus disiplin menjalankan hidup sehat dan menjaga imun tubuh. Salah satunya itu mengkonsumsi makanan yang bergizi, berprotein dan sebagainya,” tutur dia.

Karena itu, Ping mengimbau kepada seluruh perempuan atau Ibu-ibu yang ada di Malinau untuk sadar dan peduli terhadap kesehatan keluarga. “Jadi ikutilah anjuran pemerintah. Dan jadilah keluarga yang baik dengan kesehatan yang dikelola dengan baik. Tidur dan olahraga yang cukup, mengatur nutrisi keluarga sehingga imun tubuh bertahan dan kuat,” pungkasnya. (adv)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here