Berikan Edukasi Kesehatan, Posyandu Remaja Digelar di Malinau Hilir

EDUKASI : Para remaja saat mengikuti kegiatan Posyandu Remaja di Desa Malinau Hilir.

KAYANTARA.COM, MALINAU – Posyandu Remaja digelar perdana di Desa Malinau Hilir, Kecamatan Malinau Kota belum lama ini. Kegiatan itu bertujuan memberikan edukasi dini mengenai kesehatan bagi para remaja di Malinau.

Program Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang digagas UPTD Puskesmas Malinau Kota itu diikuti 33 remaja Malinau. Dihadiri juga Ketua PKK Desa Malinau Hilir, Pengurus Kader remaja, Puskesmas Malinau Kota dan Organisasi Kemasyarakatan Desa.

“Dalam program ini juga ada beberapa serangkaian kegiatan dilaksana seperti penimbangan berat badan, tinggi badan, lingkar perut, lingkar lengan, tes daya dengar dan tes buta warna,” tutur pelaksanaan Program PKPR UPTD Puskesmas Malinau, Siti Rokhana, Amd. Keb.

Tak hanya itu, ke depannya bakal ada kegiatan edukasi lainnya. Seperti melakukan penyuluhan, aktivitas fisik, dan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan remaja.

Menurut Siti, posyandu remaja ini juga sekaligus wadah pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi dan kereterampilan bagi para remaja.

“Paling tidak memberikan pemahaman kepada remaja dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat,” ungkapnya.

Di samping itu, lanjut Siti mengatakan posyandu remaja ini lebih mendekatkan terhadap pelayanan kesehatan dalam upaya preventif dan promotif mulai dari PKHS, kespro remaja, pencegahan penyalahgunaan napza, aktivitas fisik, pencegahan penyakit tidak menular dan pemantauan kesehatan remaja di wilayah sekitar.

“Jadi yang terlibat dalam posyandu remaja ini mulai dari usia 10 tahun sampai dengan 18 tahun,” pungkasnya. (Eby)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here