Pemkab Apresiasi Prestasi yang Diraih Forum Puspa Nunukan

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin menerima para juara lomba kretifitas Puspa tingkat provinsi 2020, Kamis (18/2/2021).

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Pemkab Nunukan melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin menerima para juara lomba kretifitas Puspa (Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak) tingkat provinsi 2020, Kamis (18/2/2021).

Kendati baru bisa meraih juara harapan tiga dan harapan lima, namun patut diapresiasi. Karena Forum Puspa  Nunukan ini tergolong masih berusia muda dengan waktu yang singkat mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba.

Olehnya itu, Muhammad Amin mengaku bersyukur atas prestasi yang telah didapatkan oleh dua organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Nunukan ini.

“Alhamdulilah kita sudah melihat bersama penghargaan dari Tim Puspa Provinsi Kalimantan Utara untuk peserta kegiatan lomba kreatifitas Puspa tahun 2020. Dan alhamdulillah untuk kabupaten Nunukan yang ikut lomba ada dua kategori yang mendapat juara,” ujar Amin.

Walaupun baru meraih juara harapan tiga dan lima, Amin berharap agar tidak melihat pada posisi juaranya namun melihat dilihat pada sisi positifnya bahwa kegiatan ini bisa menjadi penggerak dan memberikan motivasi kepada organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Kita melihat kegiatan ini sangat positif dan dapat dikembangkan dan menjadi harapan bersama bisa berjalan berkesinambungan di Kabupaten Nunukan”, tambah Amin.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Nunukan Faridah Ariyani menyampaikan bahwa Forum Puspa Nunukan terbentuk kurang lebih tiga bulan lalu yang bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat kepada pemerhati perempuan dan anak.

“Mereka bekerjasama dan diprakarsai semua oleh masyarakat, jadi masyakat akan sadar akan pentingnya perlindungaan perempuan dan anak.

Forum ini juga untuk meningkatkan kreatifitas perempuan dalam kehidupan sehari – hari, mulai dari pemberdayaan ekonomi, peningkatan kualitas keluarga. Jadi forum ini tidak hanya terikat pada kasus kasus saja namun semua program kegiatan untuk meningkatkan berberdayaan perempuan juga,” tutur Faridah menjelaskan.

Sementara saat dikonfirmasi, Nurmawati selaku koordinator Pemberdayaan Perempuan bersama Tim Puspa Kaltara menyampaikan bahwa penyelenggaraan lomba video Kreatifitas Perempuan Kaltara Tahun 2020 ini dimaksudkan untuk lebih memberdayakan para ibu dan remaja di masa pandemi agar lebih kreatif dan inovatif.

“Materi lomba ini adalah pemberdayaan ekonomi keluarga, bagaimana para ibu bisa berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi keluarga”, tutur Nurmawati.

Sang juara, Richi Sugianto dari Puspa Nunukan yang berhasil meraih juara harapan lima menyampaikan bahwa kreatifitas yang mereka buat adalah video pembuatan jamu yang diproduksi sendiri oleh Puspa Nunukan.

“Jamu ini kita produksi sendiri yang berguna untuk meningkatkan imun di masa pandemi, kita lima orang yang ikut dari anggota Puspa dan semuanya mengambil peran mulai dari penuturan bahan dan alat hingga kegiatan dan proses pakaging untuk jamu puspa nunukan,” ujar Richi menjelaskan.

Selain Puspa Panekindi Debaya yang meraih juara harapan lima dalam lomba Karya Kreatif Perempuan dan Anak yang diselenggarakan Puspa Benuanta Kaltara ini Majelis Taklim Ar Royyan juga meraih juara harapan tiga (hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here