Musrenbang Kecamatan, Pemkot Tarakan Tetap Prioritaskan Kegiatan Melalui Anggaran RT

Walikota Tarakan dr. H. Khairul M. Kes menghadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Tarakan Timur di gedung serbaguna Kantor Kecamatan Tarakan Timur, kemarin. (Foto: Humas Pemkot Tarakan)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Penyusunan program pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) untuk tahun anggaran 2022 telah masuk pada tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Secara bergantian, Musrenbang digelar di masing-masing kecamatan. Dan pada Rabu (24/2/2021), Walikota Tarakan dr. H. Khairul M.Kes menyampatkan waktu hadir pada Musrenbang di Kantor Kecamatan Tarakan Timur.

Walikota mengharapkan, melalui pelaksanaan musrenbang, hasilnya menjadi dokumen bagi Pemkot Tarakan untuk mengusulkan anggaran tahun 2022.

“Harapan kita bahwa musrenbang ini betul-betul bisa menjadi dokumen resmi untuk usulan anggaran tahun 2020. Oleh karena itu prioritas-prioritasnya betul-betul diseriusi,” harap wali kota, ditemui awak media usai Kantor Walikota Tarakan, Rabu (25/2/2021).

Kebijakan Pemkot Tarakan, menurut walikota, sampai saat ini masih memprioritaskan kegiatan melalui dana Rukun Tetangga (RT).

Seperti semenisasi, drainase dan penerangan jalan. Kecuali ketiga masalah itu dalam lingkungan RT, baru bisa untuk beralih pada kegiatan lain.

Walikota mengakui, selama ini masih ada yang belum terealisasi dana RT nya. Namun penyebabnya lebih kepada kendala teknis di lapangan. Seperti lahan yang tidak siap atau karena masuk area tanah orang.

Sedangkan di pihak Pemkot Tarakan sendiri, tidak ada masalah karena dana RT yang lainnnya tetap berjalan.

Walikota berkomitmen akan terus melaksanakan program Dana RT hingga berakhir kepemimpinannya satu periode.

“Masih terus itu, komitmen kita selama satu periode pemerintahan ini akan tetap ada,” tegasnya.  Selain itu, 16 program unggulan juga masih diprioritaskan untuk direalisasikan. Karena itu seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) diminta untuk mengelaborasi dan melaksanakannya.

Kegiatan prioritas lainnya, beber wali kota, adalah melaksanakan standar pelayanan minimal. Termasuk dalam upaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pasca Covid-19. “Itu yang arahan saya, mengarahan supaya kita tidak salah jalan,” tutur walikota. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here