Soal Kebakaran di Pemukiman Padat, Gubernur Instruksikan Pemkot Pasang Hydrant

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang saat melihat langsung lokasi kebakaran yang menghanguskan beberapa rumah warga di RT.13 Kelurahan Selumit Pantai Tarakan. (Foto: Johan)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum tak menampik bahwa sebagian besar pemukiman di Kota Tarakan, khususnya di wilayah pesisir merupakan daerah padat.

“Masalah ini tadi sudah saya sampaikan ke Pak Walikota untuk dibangunkan hydrant dii perumahan padat penduduk seperti di daerah pesisir. Nanti Pemprov bantu dana untuk dikelola,” ujar Zainal dalam acara penyerahan bantuan kepada keluarga korban kebakaran di RT.13 Kelurahan Selumit Pantai, Tarakan Tengah, Kamis (11/3/2021).

Untuk diketahui, hydrant adalah sistem pemadam api yang menggunakan media air, secara sistemnya tidak berbeda dengan sistem pompa air yang ada di rumah.

Hal ini dilakukan apabila musibah serupa terjadi dapat  ditangani dengan cepat hingga tak menelan banyak korban.

“Untuk pemukiman penduduk yang berada di daerah padat apalagi yang jaraknya sangat berdekatan, saya mengimbau untuk lebih waspada. Perhatikan posisi kompor, kabel arus listrik yang menimbulkan potensi kebakaran,” imbuh Zainal. (mil/sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here