Hasan Basri sebut Maros Surplus Beras 113 Ribu Ton

KAYANTARA.COM, MAROS-Komite II DPD RI melakukan kegiatan kunjungan kerja spesifik bersama Kementerian Pertanian di Desa Janetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/3/2021).

Kunker para senator yang diwakili oleh Wakil Ketua Komite II DPD RI, Hasan Basri ini sekaligus menghadiri rangkaian panen raya padi di lokasi yang sama.

Senator asal Kalimantan Utara ini mengatakan, panen raya tersebut merupakan hasil tanam para petani pada periode tanam Januari hingga Maret 2021.

Dalam kesempatan tersebut Hasan Basri beserta Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sempat memantau jalanya panen raya dengan menggunakan mesin Combine Harvester.

Sekaligus menyaksikan secara langsung proses penggilingan dan kerja sama penyerapan gabah yang dilakukan antara Bulog dan Komando Strategi Penggilingan (kostraling).

“Sekarang jika tiba waktu panen raya, biasanya selalu ada permasalahan terkait harga. Tapi syukur Alhamdulillah di Maros tidak. Kenapa? karena Bulognya bergerak, petaninya bergerak dan yang lain juga bergerak, maka itu harganya bagus,” ujar SYL, dalam keterangan resminya, Sabtu (20/3/2021).

Tak hanya datang dan melihat langsung, Pimpinan Komite II DPD RI beserta Mentan SYL juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana produksi (saprodi) pertanian 2021 dengan nilai kurang lebih Rp 2,4 miliar.

“Saya selaku Pimpinan Komite II DPD RI berharap Kabupaten Maros menjadi sentra penggerak produksi padi terbaik dari Sulawesi Selatan. Kabupaten Maros diharapkan menjadi lumbung pangan di Sulawesi Selatan yang berhasil meningkatkan kesejahteraan para petani dan dapat mencukupi kebutuhan pangan di Sulsel dengan produksi pangan yang melimpah,” tutur Hasan Basri. (mediaHB)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here