Sejumlah Pejabat Fungsional Dilantik, Wali Kota Minta E-Kinerja Dioptimalkan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul M.Kes melantik dan mengambil sumpah sejumlah pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan di ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Tarakan,  Kamis (1/4/2021).

Dalam arahannya, wali kota mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik dan mengingatkan jabatan yang diemban punya tanggung jawab.

“Semua apa yang kita lakukan kita pertanggungjawabkan kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama kita masing-masing yang kita percaya,” ujar wali kota.

Wali kota menjelaskan bahwa pelantikan pejabat fungsional sudah beberapa kali dilaksanakan. Kebijakan ini menyesuaikan aturan Pemerintah Pusat dimana hampir semua pejabat administrator akan dijadikan pejabat fungsional. Mulai dari dari eselon III sampai eselon IV.

Sepengetahuan wali kota, di kementerian vertikal dan lembaga, termasuk Kementerian Agama,  sudah diberlakukan. Sementara di Pemkot Tarakan baru dimulai di puskesmas.

“Ini memang arahan dari pusat, terutama dari Presiden, MenPAN-RB, tiga bulan ke depan ini harus kita melantik baru lagi fungsional, namanya berubah tetapi sebenarnya fungsinya sama, tunjangannya juga sama,” tutur wali kota.

Menurut wali kota, kebijakan ini dilakukan untuk memperbaiki sistem birokrasi menjadi lebih singkat sehingga urusan menjadi lebih mudah. Seperti mengurus perizinan, bisa selesai lebih cepat.

Dalam kesempatan itu, wali kota juga menyinggung terkait penilaian e-kinerja yang diterapkan Pemkot Tarakan mulai diterapkan 1 April 2021 terhadap jajarannya.

“Saya minta e-kinerja dioptimalkan. Kita menilai orang bukan lagi pada jabatannya tapi pada kinerjanya. Kinerja yang dia buat setiap hari apa, yang dihasilkan buat bangsa dan negara ini,” ungkap wali kota.

Dengan penilaian e-kinerja, wali kota menegaskan akan tercipta azas keadilan dalam bagi ASN.  Bagi pegawai yang rajin dan giat akan mendapat insentif, sebaliknya bagi yang tidak rajin tidak mendapatkan insentif.

Dampaknya akan dirasakan juga oleh masyarakat. Karena menurut wali kota, dengan penilaian ini pegawai akan termotivasi untuk berprestasi dan masyarakat yang akan diuntungkan. (adv)     

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here