Menteri Agama Resmikan Pembangunan Asrama Haji Transit dan MAN IC di Tarakan

KAYANTARA.COM,TARAKAN – Asrama Haji Transit dan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara resmi dimulai pembangunannya.

Diawalinya pembangunan ini secara simbolis ditandai oleh ditandatanganinya prasasti pembangunan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, pada Sabtu (17/4) di Hotel Lotus Panaya.

Penandatanganan ini disaksikan oleh langsung oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul., M.Kes., bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Provinsi Kaltara.

Asrama haji transit yang dimulai pembangunannya ini direncanakan berdiri tiga lantai di atas lahan seluas 1,5 hektar yang merupakan hibah dari Pemerintah Kota Tarakan yang berlokasi di Belakang Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kampung Empat.

Nantinya, asrama ini secara bertahap direncanakan mampu memiliki daya tampung untuk 500 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dari wilayah Kaltara, sehingga tidak diperlukan lagi untuk singgah di Balikpapan untuk kepentingan transit haji.

Sementara itu, pembangunan MAN-IC di Kaltara sendiri merupakan MAN-IC ke-25 dari 34 Provinsi di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Tarakan Utara.

Madrasah ini digadang-gadang akan menjadi madrasah berasrama unggulan di Kaltara. Sama halnya dengan Asrama Haji Transit, Pemerintah Kota Tarakan menyiapkan lahan untuk pembangunan sekolah unggulan ini dengan harapan untuk mendukung pembentukan manusia yang unggul dan berdaya saing demi terwujudnya Tarakan maju dan sejahtera melalui smart city. (hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here